AMBON, Siwalimanews – 7.190 kepala keluarga (KK) di Kota Ambon mendapat bantuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Jumlah ini tersebar di delapan desa, dimana tujuh diantaranya di Kecamatan Baguala dan satu desa lainnya di Kecamatan Teluk Ambon.

“Bantuan sosial berupa beras ini diperuntukan kepada KPM khusus di Kota Ambon,” kata Wakil Walikota Ambon, Syarief Hadler saat memberikan sambutan dalam acara launching pembagian bantuan sosial  beras bagi KPM di gudang Bulog, kawasan Halong Batu-Batu Kecamatan Baguala Kota Ambon, Rabu (16/9).

Wawali akui, Pemkot Ambon dalam hal ini Dinas Sosial sebagai dinas teknis telah mendata sebaik-baiknya serta hati-hati sehingga jangan sampai salah. “Ada sedikit permasalahan diawal karena kita terkendal dengan data yang dikirim ke kementerian dimana itu tidak bisa dibuka ke publik. Sementara kita harus memastikan siapa saja yang nantinya akan mendapatkan Program Keluarga Harapan (PKH ) dan siapa saja dan alamat dimana saja kemudian bantuan lain yang disediakan oleh pemerintah tidak lagi ganda atau tumpang tindih,” jelasnya.

Ditambahkan, komunikasi yang telah dibangun Walikota Ambon dengan menteri maka saat ini data sudah cukup akurat telah didapatkan oleh dinas sosial sehingga tidak ada masalah terkait data lagi. “Dan program lounching bantuan sosial buat PKH akan dibagikan siapa yang berhak menerimanya pada desa atau negeri di Kota Ambon,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bulog Maluku dan Maluku Utara, Muhammad Taufik mengungkapkan, peluncuran yang dilakukan oleh Bulog ini sebagai momentum yang bagus karena pergerakan beras mampu keluar dari gudang.

Baca Juga: Pemkot tak Bayar, Pemilik Lahan Tutup IPST Toisapu

“Saya kira ini penting bagi kami, karena pergerakan pada gudang beras Bulog semua sudah keluar. Kalau seandainya beras-beras ini ini tidak dikeluarkan dapat mengakibat kerusakan dan kerugian,” ujarnya.

Taufik mengungkapkan, dengan adanya program tersebut, Bulog Maluku sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Menteri Sosial dan Walikota Ambon. Ditambahkan, mudah-mudahan kedepan program-program tersebut dapat terlaksan dan berjalan dengan baik. (Mg-6)