AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 52 hewan kurban dipersiapkan Pe­merintah Kota (Pemkot) Ambon, dalam menyam­but Idul Adha 1442 H yang akan terlaksana Se­lasa (20/7) mendatang.

Kepala Bagian Kese­jahteraan Rakyat (Kesra) Kota Ambon, Fenly Ma­sa­woy mengatakan, jum­lah hewan qurban tahun ini disesuaikan dengan budget yang dimiliki oleh pemkot.

“Sesuai dengan anggaran kita tahun ini, pemkot menyediakan 22 ekor sapi, dan 30 ekor kambing,” kata Masawoy, kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Rabu (14/7).

Diakuinya, ke-52 hewan qurban ini akan dibagi sesuai dengan proposal yang dimasukkan oleh Masjid dan organisasi masyarakat, kepada pihaknya yakni Kesra Kota Ambon.

Lanjutnya, proses penyembelihan hewan qurban tahun ini akan dilaksanakan berbeda. Lantaran penerapan PPKM skala mikro yang masih dilaksanakan sampai dengan saat ini.

Baca Juga: Terapkan PPKM Skala Mikro Luhukay: Warga Dapat Dikendalikan

“Tahun ini, penyembelihan hanya akan disaksikan oleh mereka yang berkurban,” kata Masawoy.

Masawoy mengungkapkan, langkah tersebut tak hanya dilakukan lantaran Kota Ambkn masih berada pada zona merah dan masih menerapkan PPKM skala mikro.

Namun, ini disesuaikan dengan edaran dari Kementerian Agama (Kemenag) RI Nomor 15 tahun 2021, tentang Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Penyelengaraan Salat Perayaan Idul Adha dan Pelaksanaan Kurban Tahun 1442 H/2021 M.

“Pelaksanaan hari raya kurban dapat dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat, juga disarankan untuk tidak boleh lebih dari tiga hari,” ungkapnya.

Bahkan untuk pembagian hewan kurban pun di tahun ini, kata dia, tidak akan diambil pada datu lokasi terpusat seperti Masjid dan lainnya. Namun, akan diantarkan langsung oleh panitia pelaksana ke rumah warga. “Kali ini panitia yang akan mengantar langsung ke masing-masing agar tidak ada kerumunan,” tandasnya.

Masawoy juga membeberkan, edaran dari kementerian ini tentunya akan ditindak lanjut oleh pihaknya. Dimana Walikota Ambkn Richard Louhenapessy yang langsung menandatangani surat edaran yang merupakan turunan dari SE Kemenag RI tersebut.

“Nah itu edaran ini yang nanti Kuta akan tindak lanjut dengan ba­pak walikota untuk nanti keluarkan edaran khusus untuk Idul Adha ini,” pungkas Masawoy. (S-52)