AMBON, Siwalimanews – Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku, Meikyal Pontoh mengaku, sampai dengan 16 April 2020 Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Ambon memeriksa 50 spesimen orang.

Mereka berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) maupun orang tanpa gejala (OTG) hasil tracking dari pasien kasus positif virus corona.

“Sejauh ini sudah 50 spesimen yang sudah kita periksa hasilnya negatif,” jelas Pontoh kepada Siwalima di Kantor Gubenur Maluku, Kamis (16/4)

Spesimen tak hanya dari Kota Ambon. Namun juga dari kabupaten kota lain di Maluku. Misalnya Buru, Buru Selatan, Malteng dan Kabupaten SBB.

“Rincianya saya tidak hafal, tetapi yang sudah kita periksa itu sebanyak 50 spesimen dari kabupaten dan kota. Jadi kita terima semua spesimen yang masuk dari kabupaten dan kota untuk diperiksa di BTKL-PP Ambon, jumlah spesimen akan bertambah,” tandasnya.

Baca Juga: DPRD SBT Rekomendasi Tujuh Poin Tangani Covid-19

Pontoh menambahkan, swab spesimen dari pasien terkonfirmasi positif kasus 02, 03, 04, 05, 06, 07, 08, 09 10, 13 dan 14 juga akan dikirim ke BTKL-PP.

“Spesimen kembali kita ambil untuk memastikan kondisi pasien selama perawatan isolasi itu mengalami perubahan atau tidak. Kalau masih positif akan diambil lagi dan kalau sudah negatif, juga akan diambil sampai kedua kalinya,” terang Pontoh.

Ia juga menambahkan, pasien terkonfirmasi positif dalam kondisi baik. Tidak ada lagi keluhan batuk, sesak nafas dan demam. Denyut nadi juga normal. “Umumnya mereka dalam kondisi baik, semoga mereka semua sembuh,” ujarnya. (S-39)