AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 491 peserta Sidang Sinode Gereja Protestan Maluku ke-38 yang akan digelar 7-14 Februari mendatang siap mengikuti agenda lima tahunan itu.

“Peserta yang mengikuti sidang tersebut terdiri dari peserta biasa sebanyak 280 orang dan peserta luar biasa 211 orang yang berasal dari 34 klasis di Maluku dan Maluku Utara,” jelas Ketua Panitia Sidang Sinode GPM, Tonny Pariela dalam keterangan persnya kepada wartawan, Rabu (3/2).

Pariela mengatakan, Sidang Sinode GPM ke-38 ini akan berlangsung dengan protokol kesehatan yang ketat, mengingat keadaan saat ini yang masih belum kondusif.

“Sampai dengan saat ini panitia terus bekerja terutama untuk memantapkan mekanisme implementasi protokol covid atau protokol kesehatan dan satgas yang dibentuk oleh panitia akan bekerja maksimal dalam rangka memastikan protokol kesehatan untuk diikuti dan dipatuhi lebih baik,” jelasnya.

Pariela mengungkapkan, sampai saat ini belum ada konfirmasi kesediaan Menteri Agama Yaquat Cholil Qoumas membuka sidang sinode tersebut.

Baca Juga: Besok, Polres Aru Bagi Ribuan Masker Gratis

“Ada beberapa skenario, jika menteri tidak hadir, maka akan dilakukan secara virtual dari Jakarta, kalau pun tidak bisa secara virtual dari Jakarta, ke­-mungkinan menteri akan meng­utus wakil menteri, kalaupun tidak maka gubernur yang akan membuka,” ujar Pariela.

Sementara itu, Ketua MPH Sinode GPM, AJS Werinussa mengungkapkan, yang akan memimpin prosesi ibadah Ketua Umum Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) Gomar Gultom, di dampingi Sekretaris umum Jacky Manuputty.

“Yang sudah pasti hadir untuk memimpin ibadah itu adalah ketua umum persekutuan gereja-gereja  Indonesia, dan sekum akan hadir,” tandas Werinussa.

Werinussa menghimbau agar masyarakat turut mendoakan kegiatan dimaksud, sehingga berjalan sesuai rencana dan tidak menimbulkan klaster baru.

“Kami menghimbau kepada seluruh warga Gereja Protestan Maluku mari kita doakan sidang ini supaya bisa berjalan sesuai rencana, dan kita terhindar dari penularan pandemi Covid-19,” harapnya.

Jadwal Menag

Sekda Maluku mengatakan, sesuai rencana dijadwalkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melakukan kunjungan kerja ke Maluku dalam rangka meresmikan Asrama Haji Provinsi Maluku pada 7 Februari mendatang.

“Jadi jadwalnya akan hadir tanggal 7 Februari, tapi resminya belum, mudah-mudahan beliau bisa juga buka Sidang Sinode,” jelas Sekda Maluku, Kasrul Selang kepada wartawan di Kantor Gubernur, Rabu (3/2).

Dikatakan, besok protokol dari Kementerian Agama akan mela­kukan rapat dengan Pemerintah Provinsi Maluku untuk membahas kedatangan menteri.

“Nanti kita lihat, hasil rapatnya seperti apa dan agenda apa saja yang akan beliau lakukan di Kota Ambon,” ujar Kasrul. (S-39)