AMBON, Siwalimanews – Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) kembali mewisudakan 411 sarjana baru tahun 2021.

Kegiatan wisuda itu digelar dalam sidang senat terbuka luar biasa dalam rangka wisuda diploma, sarjana, pascasarjana gelombang II tahun 2021 yang dipusatkan di Christiani Center, yang dipimpin Rektor UKIM Jafet Damamain, Kamis (14/10).

Walaupun masih ada dalam masa pandemik, namun acara wisuda ini dilaksanakan secara offline dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat, bahkan hanya dihadiri oleh para wisudawan tanpa didampingi keluarga. 411 lulusan UKIM ini dibagi menjadi dua kelompok wisudawan.

Kelompok pertama sebanyak 211 lulusan prosesi wisudanya digelar hari ini, Kamis (14/10) sementara kelompok kedua sebanyak 200 lulusan, baru akan digelar prosesi wisudanya pada esok hari, Jumat (15/10).

211 lulusan UKIM yang disiwisuda pada gari pertama terdiri dari, program Pasca Sarjana Theologi 18 lulusan, , Fakultas Kesehatan Prodi Ilmu Keperawatan 119 lulusan dan Prodi Kesehatan Masyarakat sebanyak 74 lulusan.

Baca Juga: Pemprov Maluku tak Punya Konsep Pembangunan Olahraga

Kepala LL Dikti Wilayah XII, Maluku dan Maluku Utara, Mohammad Bugis dalam sambutannya mengatakan, pendidikan tinggi merupakan aset terpenting dalam pembangunan masa depan bangsa. Untuk itu, lembaga pendidikan tinggi tentunya harus sehat dan dikelola secara serius dengan konsep transparansi.

“Oleh sebab itu, saya menghimbau kepada semua perguruan tinggi swasta (PTS) di Maluku, termasuk UKIM harus membuka diri untuk mau lebih maju lagi,” pintanya.

Menurutnya, UKIM harus memberikan penekanan dan perhatian pada tiga hal penting penunjang lembaga ini. Ketiga hal itu yakni, penguatan struktur pengelolaan kualitas manajemen kelembagaan PTS, penguatan sumber daya manusia dalam hal ini kualitas dosen dan mahasiswa, serta penguatan sarana dan prasarana PTS, sebagai pendukung Tridharma perguruan tinggi yang mapan.

“Saya patut berterima kasih atas kerja keras yang dilakukan oleh UKIM, sehingga para wisudawan/wisudawati ini dapat menyelesaikan studi mereka, dan kiranya apa yang didpati selama dibangku kuliah dapat disalutrkan ketika berada ditengah-tengah masyarakat,” ucapnya.

Untuk diketahui dalam rapat senat terbuka ini dipimpin oleh Rektor Jafet Damamain didampingi Wakil Rektor satu Melkhianus Pentury, WAKIL Rektor dua Salomi J Hehanussa, Wakil Rektor tiga Gerzon G Radjoelan, dan Wakil Rektor empat  Junus Kwelju.

Selain itu kegiatan ini juga di hadiri oleh Sekretris Umum Sinode Maluku dan Maluku Utara, Pendeta Cak Sapulette, dan Kepala LL Dikti Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara, Mohammad Bugis. (S-52)