AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 3.400 personil yang melibatkan TNI, Polri dan Instansi terkait diturunkan untuk melakukan pengamanan perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah.

Kapolda Maluku, Irjen Lotharia Latif kepada wartawan usai gelar pasukan pengamanan Idul Fitri di lapangan Letkol Tahapary Jumat (22/4) menjelaskan dalam pengamanan Lebaran nanti pihaknya akan mendirikan 77 pos yang terdiri dari 47 pos  pengamanan, 27 pos pelayanan dan 4 pos terpadu.

“Sejumlah pos ini di dirikan untuk memberikan pelayanan dan rasa aman kepada masyarakat yang hendak melakukan mudik, sebagaimana kita tahu di Tahun ini pemerintah pusat memberikan kelonggaran mudik,”ujar Kapolda.

Sekalipun adanya keleluasan untuk mudik, orang nomor 1 di Polda Maluku ini tetap menghimbau masyarakat untuk memberlakukan protokol kesehatan.

“Presiden memberikan keleluasan mudik, Pemprov pun menyediakan angkutan mudik gratis, untuk itu Saya himbau masyarakat  menfaatkan fasilitas ini tentunya dengan memenuhi persyaratannya termasuk didalamnya pemberlakuan Prokes,”ungkapnya.

Baca Juga: Pensiun, Mobil Dinas Dibawa Pergi

Sebagai tindakan untuk mengantisipasi titik kerawanan, Kapolda juga berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk memonitoring semua pintu masuk mulai dari Pelabuhan hingga Bandara termasuk di dalamnya lokasi wisata.

“Saya sudah atensi untuk monitoring pintu masuk pelabuhan,  bandara dan tempat wisata. Pengelola wisata juga kita minta menyiapkan personil dan peralatan kemanan dengan baik, karena beberapa kejadian tempat wisata lengah sehingga terjadi kecelakaan dan sebagainya,”tandasnya.

Mantan Kapolda NTT ini berharap dengan persiapan yang dilakukan pelaksanaan Idul Fitri dapat terselenggara dengan Aman dan Nyaman. (S-10)