28 Balon Daftar di PDIP, Golkar Tunggu Juknis

AMBON, Siwalimanews – Menjelang pelak­sanaan pilkada di empat kabupaten, yakni SBT, Buru Selatan, Kepulauan Aru dan Kabupaten MBD tahun 2020, sebanyak 28 bakal calon kepala daerah telah men­daftar di PDI Perjuangan.

Di Kabupaten SBT untuk balon bupati masing-masing; Sitti Umaria Suruaky, Syaifudin Goo, Junaidy Marasabessy dan Fachri Alkatiri. Sementara balon wakil bupati, Arobi Kelian, H.M Oqbal Siladja dan Bahrum Wadjo.

Kabupaten Buru Selatan, untuk balon bupati yakni Safitri Malik Soulissa, Muhamad Mukadar, Abdul Rahman Soulissa, Bachtiar La Galeb, Abdul Mutalib Laitupa dan Syah­roel A.E Pawa dan Hadja Ali. Se­mentara balon wakil bupati, Julianus Seleky dan Sami Latbual.

Selanjutnya di Kabupaten Kepu­lauan, balon bupati yakni Johan Gonga, Yuliana Kilay, Abdul Rah­man Djabumona dan Timotius Kaidel. Sementara balon wakil bupati, Asis Goin dan Muin Sogalrey.

Sedangkan Kabupaten MBD untuk balon bupati masing-masing; Desianus Orno dan Benkamin Th Noach. Sementara  balon wakil bu­pati yakni Rosias Kabalmay, Kim David Marchus, Pieter Lahburlawar dan Izak Aitameru.

“Setelah PDI Perjuangan mem­buka pendaftaran bagi bakal calon bupati dan wakil bupati di empat kabupaten pelaksana Pilkada tahun 2020 mendatang, tercatat sebanyak 28 balon kepala daerah yang telah mendaftar di PDI Perjuangan,” kata Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan Pro­vinsi Maluku, Benhur Watubun, ke­pada Siwalima, melalui telepon selulernya, Senin (7/10).

Tahapan selanjutnya adalah sosialisasi balon kepada struktur di PAC dan ranting, yang dilakukan oleh tim penjaringan tingkat kabupaten di empat kabu­paten tersebut.

“Kemudian dilanjutkan dengan survey dan presentasi hasil survey, yang kemudian ditindaklanjuti dengan penetapan rekomendasi oleh DPP,” jelas Watubun.

Tunggu Juknis

Hingga kini, Partai Golkar belum melaksanakan penjaringan dan penyaringan calon kepala daerah. Pasalnya, belum adanya petunjuk teknis dari DPP.

“Sampai saat ini belum ada juknis dari DPP, jadi  kita belum bisa melakukan penjaringan dan penya­ringan,” kata Wakil Ketua DPD Partai Golkar Maluku, Ridwan Ma­rasabessy, kepada Siwalima, melalui telepon selulernya, Senin (7/10).

Marasabessy mengatakan, pihak­nya akan menunggu juknis dari DPP untuk membuka pendaftaran.

“Kita tetap akan menunggu juknis dan perintah DPP, barulah proses penjaringan dan penyaringan kepala daerah dilakukan,” ujarnya. (S-16)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *