AMBON, Siwalimanews –  Dinas Kelautan dan Perikanan Maluku resmi membagikan ikan tuna dan cakalang secara gratis kepada masyarakat yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru.

Program pembagian ikan secara gratis ini sebelumnya itu bernama pasar murah ikan dimana, pemerintah membeli ikan dari para nelayan kemudian dijual dengan harga yang murah kepada masyarakat namun karena pandemi diberikan secara gratis.

Penegasan ini disampaikan oleh Kadis Kelautan dan Perikanan Maluku, Abdul Haris kepada wartawan di kantornya usai membagikan ikan secara simbolis kepada perwakilan masyarakat, Rabu (22/12).

Dikatakan pembagian ikan secara gratis sudah dua kali di lakukan, pertama pada saat perayaan Idul Fitri beberapa waktu lalu dan sekarang kedua untuk masyarakat yang akan merayakan Natal.

“Jadi kita siapkan 2,5 ton ikan tuna dan cakalang khususnya basudara yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru,” jelas Haris.

Baca Juga: AL, KKP & Polairud Diminta Awasi Ketat Laut Aru

“Ada tiga daerah yang menjadi pusat pembagian ikan secara gratis yakni air salobar pohon mangga (basudara kristen), Dusun Amaori, Desa Passo dan Ahuru dekat Gereja Katolik,” terang Haris.

Menurut rencana memang tim akan turun langsung ke tiga lokasi melakukan pembagian namun karen dalam situasi pandemi makanya diberikan secara simbolis saja.

Sesuai dengan saran dari gubernur ikan ini kemudian kita berikan secara gratis dan menghindari kerumunan diberikan secara simbolis,” tandasnya.

Dirinya menambahkan dengan pemberian ikan ini diharapkan dapat meningkatkan imun tubuh dari masyarakat yang siap merayakan Natal dan Tahun Baru.

Sebelumnya diberitakan, DKP Maluku membagikan 2,5 ton ikan tuna dan cakalang disertai masker gratis kepada masyarakat di tiga kelurahan di Kota Ambon.

Pembagian ikan dan masker ini diperuntukan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19, khususnya warga muslim yang akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

“Total yang kita bagikan kepada masyarakat ikan tuna dan cakalang sebanyak 2,5 ton disertai ribuan masker,” ujar Kadis Kelautan dan Perikanan Maluku, Abdul Haris kepada wartawan disela-sela pembagian ikan gratis di Kawasan Pohon Mangga, Keluarahan Nusaniwe, Kecamatan Nusaniwe, Jumat (22/5).

Dikatakan, tiga kelurahan yang mendapatkan jatah pembagian ikan dan masker gratis ini adalah Kelurahan Nusaniwe, Kelurahan Waihaong dan Kelurahan Tihu tepatnya di Dusun Taeno, Desa Rumatiga, Kecamatan Teluk Ambon.

Di kawasan Pohon Mangga, pembagian ikan tuna dan cakalang kurang lebih 500 ekor dan 300 masker. Sedangkan di Kelurahan Tihu, Dusun Taeno sebanyak 400 ekor ikan sementara Kelurahan Waihaong 600 ekor dan 350 masker. (S-39)