AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 25 calon siswa asal Polda Maluku yang mengikuti rekrutmen proaktif (Rekpro) Bintara Polri tahun 2022 dinyatakan lulus.

Mereka yang lolos ke Bintara terdiri dari 18 pria dan 7 wanita. Kelulusan Bintara Polri ini diumunkan dalam rapat sidang akhir penerimaan Bintara polri Panda Polda Maluku, yang dilaksanakan di Rupatama Mapolda yang dipimpin Karo SDM Polda Maluku, Kombes Muhamad Yusup, Rabu (29/12).

Kapolda Maluku Irjen Refdi Andri dalam smabutannya yang dibacakan Karo SDM mengatakan, sebelum dinyatakan lulus 25 casis ini lebih dulu melewati tahapan seleksi  selama 59 hari sesuai ketentuan dari panitia pusat.

Seleksi Rekpro Bintara Polri 2022, kata Kapolda, tergolong seleksi yang tahapnya sangat pendek untuk dilaksanakan.

“Seleksi ini dilaksanakan dengan pengawasan melekat oleh pengawas internal dan eksternal serta melibatkan tenaga ahli dari IDI Ambon, Himpunan Psikologi Maluku, Disdikbud Maluku, Disdukcapil Ambon, KONI Maluku, Kemenag, Dispora Maluku, LSM dan wartawan serta tim IT dari Politeknik Negeri Ambon,” ungkap Kapolda.

Baca Juga: Kodam Pattimura Rasia Ranmor Anggota

Pada kesmepatan itu, Kapolda berpesan kepada para peserta dan panitia agar senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.

“Mari kita senantiasa beribadah dan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing semoga apa yang kita cita-citakan mendapatkan ridho dan berkah-Nya,” pintanya.

Mantan Kakorlantas Polri yang kini dalam proses masa purnabakti ini menekankan para peserta yang lulus, agar selama masa tunggu tidak melakukan kesalahan sekecil apapun, selalu menjaga protokol kesehatan, mengikuti kegiatan bimbingan dan pelatihan dengan serius serta bersungguh sungguh.

Kapolda juga minta kepada para peserta agar dapat mensosialisasikan, bahwa polri selalu sedia menerima anggota polri dari jalur affirmativ action (Perbatasan) talent scoting, dan penghargaan.

“Untuk panitia selalu tingkatkan keaktifan dalam merekrut peserta-peserta dari jalur ini, mengingat polri butuhkan personel yang memiliki talenta dan yang mampu bertugas dengan baik di perbatasan atau pulau-pulau kecil terluar,” ujarnya.

Untuk diketahui, Casis Rekpro Bintara Polri 2022 yang mengikuti seleksi sejak awal sebanyak 117 orang. Terdiri dari pria 101 orang dan wanita 16 orang.

Hingga sidang akhir penerimaan, hanya sebanyak 31 orang yang mengikutinya, yang terdiri dari pria 23 orang dan wanita 8 orang. Dari 31 orang tersebut dilakukan seleksi lagi hingga keluarlah 25 casis terbaik sebagai Bintara Polri. (S-45)