PIRU, Siwalimanews – Sebanyak 225 orang Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Maluku yang lulus Bintara Polri Angkatan 2020-2021 melaksanakan latihan kerja di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Kedatangan para siswa di SBB ini diterimah langsung oleh pemerintah daerah dalam hal ini Pelaksana Harian (PLH) Sekretaris Daerah Alvin Tuasuun, yang berlangsung di halaman Kantor Bupati, Rabu (1/12).

Pantauan Siwalima , upacara penerimaan siswa Diktuk Bintara Polri ini sebagai warga kehormatan di Bumi Saka Mese Nusa. Dimana upacara ini dipimpin oleh Plh Sekda SBB selaku inspektur upacara dan sekaligus membacakan pernyataan penerimaan siswa sebagai warga kehormatan.

Sebagai warga kehormatan, para siswa ini diterimah secara adat dengan cara mengikat lenso merah dibagian leher oleh tokoh-tokoh adat.

Selanjutnya penyiraman kem­-bang sebagai tanda penerimaan warga SBB oleh Sekda.

Baca Juga: Saulatu: Belanja Daerah Harus Bersentuhan dengan Masyarakat

Sekda SBB dalam arahan singkatnya mengatakan, latihan kerja yang dilaksanakan para siswa SPN Polda Maluku di Bumi Saka Mase Nusa ini sangat mendapat perhatian dan atusias dari pemerintah daerah.

Untuk itu, kata Sekda, selaku pemerintah daerah dan seluruh masyarakat sangat merespon baik atas latihan kerja siswa di wilayah SBB, untuk itu para siswa untuk tetap menjag kesehatan masing-masing agar dalam tugas latihan ini dapat selesai dengan baik.

“Selaku pemerintah daerah saya harap para siswa tetap melaksankan protokol kesehatan saat terjun ke lapangan dan dapat memberikan arahan atau bimbingan agar masyarakat di Bumi Saka Mese Nusa dapat mengkuti serbuan vaksin,” terang Tuasuun.

Ia menghimbau, kepada 225 siswa untuk tidak segan-segan dalam menjalankan tuga latihan kerja, dan jangan lupa untuk selalu membangun hubungan baik dengan masyarakat, terlibih khusnya dengan pemerintah daerah.

Wakapolres SBB Kompol James Sumbung kepada wartawan mengungkapkan, sebanyak 225 siswa SPN Polda Maluku Angkatan 2020-2021 yang melaksankan latihan kerja di wilayah Polres SBB dan akan terbagi dalam tiga.

Dijelaskan, pembagian tugas latihan kerja di tiga wilayah ini sala satunya Polres, Polsek Piru wilayah Kecamatan Seram Barat, dan Polsek Waesarisa Kecamatan Kairatu Barat, dimana teritorio yang didapakan siswa saat mengikuti pendidikan itu nantinya akan dipraktekan di wilayah kerja latihan.

“Dari 225 siswa yang akan dibagikan disetiap wilayah latihan kerja akan dibagi, setiap polsek sebanyak 50 orang, dan sebagiannya akan siap ditempatkan di Polres,” tegasnya.

Diungkapkan, siswa yang mengikuti latihan kerja di wilayah SBB ini akan dkendalikan melaksanakan tugas seperti Polisi Umum sesuai dengan amanat seperti, penjagaan, menerima laporan dari masyarakat, patroli dan juga menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kondisi kamtibmas serta vaksinasi.

Lanjut dia, para siswa ini saat melaksanakan latihan kerja mereka juga didampingi oleh para pengasuh masing-masing sala satunya Danki dan Danton.” Untuk itu saya harapkan kepada 225 orang siswa dalam melaksankan latihan kerja dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat SBB demi nama baik Kepolisian,” ucapnya.

Selain itu juga, Wakapolres BB menyampaikan banyak terima kasih kepada pemerintah daerah, yang mana telah menerimah dengan senang hati sebanyak 225 orang siswa SPN Polda Maluku ini untuk melaksanakan latihan kerja di Bumi Saka Mese Nusa. Atas dukungan yang diberikan Pemda SBB ini dapat bermanfaat bagi siswa.

Untuk diketahui, masing-masing siswa akan dibagikan ke Polsek-Polsek di wilayah Kabupaten SBB, yakni Polsek Kairatu 50 siswa, Waesarisa 25 orang dan Polsek Piru 50 orang sedangkan Polres 100 siswa dan para siswa akan  didampingi oleh mentor masing-masing fungsi tugas kepolisian, dan latihan kerja selama 9 hari. (S-48)