AMBON, Siwalimanews – 22 tenaga pengajar di Universitas Iqra Buru (Uniqbu) mendapat tunjangan sertifikasi dosen (serdos) pada seleksi tahap pertama tahun 2020.

Rektor Uniqbu, M Sehol mengatakan, dalam masa kepemimpinannya yang baru berjalan enam bulan, sudah ada yang diraih terkait dengan visi misinya saat mencalonkan diri sebagai rektor.

Dalam aspek peningkatan kapasitas mahasiswa ada beberapa prestasi sudah diraih. Kemudian dalam ukuran akademik juga terjadi peningkatan IPK lulusan.

“Visi misi saya sebagai Rektor ketika saya maju, salah satu yang ingin saya kejar target peningka­tan kapasitas dosen,” terangnya.

Akui Sehol,  selain peningkatan kapasitas mahasiswa, maka salah satu sendi utama dari pada suatu perguruan tinggi juga terletak pada dosennya.

Baca Juga: Ipda Kasim Rahanyamtel Jabat Kaposlek Kota Masohi

Kalau dosennya kapabel, maka itu menjadi ukuran salah satu bermutunya perguruan tinggi tersebut. “Kemarin saya sudah sampaikan bahwa ya alhamdulillah dari aspek jumlah peneliti kita yang terbanyak untuk seluruh perguruan tinggi swasta maupun negeri di Provinsi Maluku dan Maluku Utara,” katanya.

Dikatakan, 22 dosen Uniqbu yang meraih prestasi ini merupakan dosen berprestasi dan masuk 50 besar nasional.

“Alhamdulillah, kami baru saja dinyatakan sebagai perguruan tinggi yang meluluskan sejumlah 22 dosen untuk penerima serdos atau sertifikasi dosen,” katanya.

Lanjut Sehol,  ini  menjadi ukuran para dosen ini telah lulus sebagai dosen yang profesional. Sertifikasi dosen itu sesuai dengan tuntutan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003.

“Seorang dosen  disebut profesionalisme ketika dia mengikuti sertifikasi dosen. Dan ke- 22 dosen Uniqbu yang lolos serdos ini hak-hak mereka itu akan dihargai sama dengan pegawai negeri. Jadi selain mereka mendapatkan gaji dari yayasan, mereka juga dihargai oleh pemerintah sama dengan pegawai negeri dalam hal tunjangan sertifikasinya,” terangnya.

Sehol juga menambahkan, dalam seleksi tahap pertama serdos tajun 2020 ini, Uniqbu mengikutsertakan 23 dosen. Namun satu belum lulus dan akan mengulangi lagi di seleksi tahap kedua tahun ini.

Direncanakan dalam seleksi tahap kedua nanti, Uniqbu akan menyertakan 15 dosen. Dan diyakini dalam seleksi nanti semuanya akan lulus.

Hingga kini, Dosen Uniqbu yang telah mengantongi serdos sebanyak 40 orang. “Dalam seleksi tahap pertama tsjun 2020, sesuai L2DiktiXII Maluku dan Maluku Utara, bahawa Uniqbu yang paling terbanyak penerima serdos,“ ungkap Sehol. (S-31)