AMBON, Siwalimanews – 22 atlit Poomsae Taekwondo Maluku lolos ke babak final kejuaran nasional, bertajuk Ambassador Cup Championship 2020, yang dilangsungkan secara virtual.

“Kejurnas dilaksanakan atas kerjasama Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) dengan Presiden Kukion Korea, bertujuan untuk mencari atlit-atlit Taekwondo muda yang berbakat untuk dilatih ditingkat nasional dan Maluku berhasil loloskan 22 atlit ke babak final,” ungkap Pelatih Poomsae Maluku Ellysa Rumanikit kepada Siwalimanews di PPLP Karpan usai pengambilan video dalam kejuaraan itu, Minggu (11/10).

22 atlit Maluku yang diturunkan dalam kejuaraan ini, bertanding pada tiga kategori yakni, ketegori pra kadet putra dan putri (6-10 tahun) dan kadet putra dan putri (12-13 tahun) serta kategori Junior putra dan putri (14-17 tahun).

Pada kejuaraan ini sendiri walaupun seluruh atlit lolos ke babak final, namun Rumanikit mempredikasikan Maluku akan memperoleh 5 medali emas dan 12 perak mengingat, atlit dari daerah-daerah lain yang ikut serta dalam kejuaraan ini juga tak bisa dipandang sebelah mata.

Baca Juga: Turnamen Raja Cup Pertama Kali Digelar di Buru

“22 atlit lolos ke final saja saya sudah bersyukur, sehingga saya prediksi kita akan raih 5 medali emas dan 12 perak,” ucap Rumanikit didampingi Sabeum Yanti Letlora dan Ais .

Persiapan Maluku sendiri dalam mengikuti kejuaraan ini cukup singkat, yakni hanya dua minggu, namun karena tekad dan kecintaan para atlit untuk mengharumkan nama Maluku diajang nasional maupun internasional, maka mereka berhasil memberikan yang terbaik bagi daerah ini, dimana keseluruhannya lolos ke babak final.

22 atilit yang direkrut mengikuti kejuaraan ini berasal dari empat dojang (sasana-red) di Kota Ambon dan Maluku Tengah. Kelima dojang itu yakni, Dojang PDK, Ghanas, Hunilai dan Erwakang.

“Nantinya mereka yang dapat medali emas dalam kejuaraan ini akan diseleksi lagi untuk masuk dalam Pusat Pelatihan Pelajar (PPLP) Ragunan di Jakarta,” ucap Rumanikit.

Selain kejurnas Ambassador Cup, 22 atlit Maluku ini juga sementara memantapkan latihan lagi untuk menuju pada Kejuaraan Poomsae Krakatau Championship yang akan dihelat pada 18 Oktober mendatang serta kejuaraan dunia yang akan berlangsung pada bulan November nanti.

“Setelah kejurnas, pada 18 Oktober ini kita juga akan ikuti Krakatau Championship setelah itu dilanjutkan dengan kejuaraan dunia pada bulan November mendatang yang juga digelar secara virtual,” pungkasnya. (Mg-5)