SAUMLAKI, Siwalimanews – Progres pencapaian program Badan Pertanahan Nasional (BPN) Saumlaki berhasil melaksanakan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap  (PTSL) tahun 2022 hingga mencapai 4.277 bidang tanah di wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Program Prona agraria yang telah diubah menjadi PTSL telah memberikan manfaat besar bagi sejumlah pemiliki aset berupa tanah perorangan, pemerintah, maupun lembaga keagamaan.

Kepala BPN Saumlaki Mansur Fahmi dalam keterangan persnya di aula kantor tersebut, Selasa (14/2) mejelaskan, untuk PTSL tahun 2022 terdapat 4.277 bidang yang diantaranya, milik perorangan sebanyak  4.249 bidang, pemerintah desa 15 bidang, lembaga keagamaan 13 bidang.

Sedangkang progres PTSL tahun 2023 sementara menuju desa lengkap di Labobar dan Karatat, Kecamatan Wuarlabobar.

“Data yang ditampilkan secara rinci seperti sertifikat lembaga keagamaan di Desa Atubul Dol 5 bidang atas nama Keuskupan Amboina, Desa Arui Das 2 bidang sertipikat atas nama Keuskupan Amboina, Desa Alusi Kelaan 4 bidang, sertipikat atas nama Keuskupan Amboina, dan Desa Weratan 2 bidang, sertipikat atas nama Gereja Kristen Protestan Injili Indonesia, yang tersebar di 10 desa, dan 6 kecamatan,” urai Fahmi.

Baca Juga: Sindikat Copet Resahkan Warga, Kapolda Instruksikan “Basmi”

Sedangkan 10 desa/kelurahan yang telah diserahkan sertipikat menurut Fahmi, berjumlah 2.770 lembar, dan yang akan siap diserahkan berjumlah 4.277 lembar. Sementara untuk program rutin berjumlah 300 kegiatan diantaranya, permohonan ganti nama, hak tanggungan, pemecahan dan pemisahan, pendaftaran pertama kali, peralihan hak, roya, sertipikat pengganti (rusak, hilang, blanko lama).

Beberapa sertipikasi pulau terluar berdasarkan Ketetapan Presiden Nomor 6 tahun 2017, di KKT terdapat 4 pulau yang telah resmi bersertipikat yaitu, Pulau Larat, Pulau Asutubun, Pulau Selaru dan Pulau Batarkusu. Sedangkan IP4T tahun lalu dengan target 2.000 bidang, diantaranya Kelurahan Saumlaki 1.425 bidang dan Saumlaki Utara 575 bidang.

“Di BPN Saumlaki untuk tahun 2023, target PTSL menuju desa lengkap terfokus pada Kecamatan Wuarlabobar untuk Desa Labobar, Karatat, dan Awear Rumngevur. Sedangkan target PTSL menuju kota lengkap berada pada Kecamatan Tanimbar Selatan berada pada Kelurahan Saumlaki, sekaligus dilakukan  penyuluhan di wilayah Kelurahan Saumlaki,” papar Fahmi.

Fahmi menargetkan, pencapaian program BPN Saumlaki 2023 yakni, sertipikasi tanah keagamaan, sertipikat tanah pemerintah, penandatangan perjanjian kerjasama percepatan sertipikasi tanah keagamaan.

Selain itu, dorongan kerjasama untuk peningkatan kapasitan SDM lewat BPN Maluku tertanggal 8 Februari 2023  untuk para camat agar menjadi pejabat pembuat akta tanah sementara. (S-26)