AMBON, Siwalimanews – Dipastikan pada bulan Agustus tahun 2022 nanti, Kota Ambon akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Kongres Nasional XII Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI).

Untuk menyukseskan kegiatan bertaraf nasional itu, maka DPD GAMKI Maluku mulai mempersiapkan berbagai hal menyambut kegiatan dimaksud.

Ketua DPD GAMKI Maluku Leonard Heppy Lelapary kepada wartawan di Ambon mengatakan, pihaknya bersama Pemda Maluku dan Pemkot Ambon akan berupaya untuk menyukseskan Kongres GAMKI XII di Kota Ambon.

“Ini merupakan hasil gumulan DPP di Jakarta, dalam seleksi tuan rumah Kongres XII  GAMKI tahun 2022. Ada beberapa DPD yang bersaing untuk mnejadi tuan rumah, yakni Papua dan  Kalimantan Timur,” tuturnya.

Sedangkan yang sudah dijadwalkan dalam hasil keputusan kongres itu, ada Maluku Utara, Sulawesi Tengah dan Jawa Timur.  Sampai dengan pelaksanaan Rakernas kemarin di Bitung pada 28-30 Oktober 2020 itu, belum ada yang mengeluarkan surat resmi, bahwa mereka bersedia.

Baca Juga: Jaksa Tahan Sekda SBB

Sehingga kebijakan DPP untuk membuka lagi ruang bagi DPD-DPD yang ingin menjadi tuan rumah, dan mempersilahkan untuk mempresentasikan kesiapan serta hal lainnya, dan dalam presentasi itu, DPD GAMKI Maluku dianggap layak untuk menjadi tuan rumah.

Menurutnya,  Ambon akhirnya dinobatkan sebagai tuan dan nyonya rumah Kongres XII, karena dalam sejarah GAMKI, Maluku belum pernah melaksanakan momen nasional itu di Kota Ambon.

“Jadi, ternyata memang semua orang berpihak untu ke Ambon. Sebenarnya, keinginan peserta untuk ke Ambon, sehingga di kesempatan ini, setelah kegiatan di Banda, kami akan pulang dan koordinasi dengan semua unsur pemerintah, unsur pimpinan gereja dan elemen masyarakat lain, guna menyampaikan rencana agenda nasional GAMKI yang memberikan kepercayaan kepada DPD GAMKI Maluku sebagai tuan rumah,” ucap Lelapary.

Kongres Nasional GAMKI XII ini, nantinya akan dihadiri oleh kurang lebih 400 peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Suasana ini memang kelihatan ramai sekali di arena Konggres nanti. Untuk itu, pihaknya sudah melakukan pertemuan awal dengan Ketua DPRD Maluku. Dukungan resmi juga sudah diberikan Ketua Umum PGI Maluku.

“Mudah-mudahan ini agenda tahunan 2022 yang berkesan bagi seluruh warga GAMKI di seluruh Indonesia,” pungkas Lelapary. (S-32)