PIRU, Siwalimanews – Sebanyak 2.360 dosis Vaksin Sinovac yang didistribusikan Pemerintah Provinsi Maluku telah tiba di Kabupaten Seram Bagian Barat dengan pengawalan ketat aparat keamanan, Senin (25/1).

Pantauan Siwalima, vaksin tiba di Kota Piru sekitar pukul 17.30 WIT dengan menggunakan mobil box milik PT Pos Indonesia dengan nomor polisi DD 8230 SG, dan dikawal ketat oleh Anggota Sabara Polres SBB dan Brimob Kompi 2 Batalyon B.

Vaksin tiba di Kantor Dinas Kesehatan SBB disaksikan Kapolres AKBP Bayu Tarida Butar Butar beserta Pegawai Kesehatan Lingkup Pemkab SBB. Bahkan mobil yang digunakan untuk pemuatan Vaksin tersebut disegel pintunya, dengan nomor segel AV 45963 dan AV 45962.

Kepala Dinas Kesehatan SBB Anis Tapang kepada wartawan mengungkapkan, dengan diterima sebanyak 2.360 vaksin yang  diperuntukan bagi SBB, kini sudah disimpan dengan baik di ruang farmasi milik Dinkes SBB.

“Penyimpnan vaksin ini dibawah mines 2-8 derajat celcius, dan alat penyimpanan bisa mencapai 20 derajat celcius,” jelas Tapang.

Baca Juga: Ruang Kerja Kapolda dan Wakapolda Maluku Disterilkan

Untuk itu tambah Tapang, pemerintah daerah menjadwalkan vaksinasi berlangung Rabu (27/1).

Tahap awal yang akan divaksinasi yakni Bupati, Hasim Payapo dan Wakil Bupati, Timotius Akerina serta pimpinan-pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) dan Forkopimda ditamba dengan tenaga kesehatan (Nakes) yang sudah disiapkan sebanyak 1.280 orang.

Sedangkan untuk tahap kedua vaksinasi oleh TNI/Polri tetapi akan dilihat dari jumlah vaksin yang diterima. Selanjutnya tahap ketiga vaksinasi dikhususkan untuk para pengusaha tetapi bisa saja di tahun 2022 karena jangkauan vaksin tiba butuh waktu panjang. (S-48)