PIRU, Siwalimanews – Sebanyak 2.360 dosis Vaksin Covid-19 jenis Sinovac yang didistribusikan Pemerintah Provinsi Maluku tiba di Kabupaten Seram Bagian Barat dengan pengawalan ketat oleh aparat keamanan, Senin (25/1).

Pantauan Siwalimanews, vaksin buatan Tiongkok tersebut tiba di SBB sekitar pukul 17.30 WIT dengan menggunakan mobil box milik PT Pos Indonesia dengan Nomor Polisi DD 8230 SG dan dikawal ketat oleh anggota Shabara Polres SBB dan Brimob Kompi 2 Batalyon B.

Vaksin saat tiba di Kantor Dinas Kesehatan SBB diserahkan langsung oleh Kepala Seksi Kefarmasian Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Toria Sangaji, kepada Koordinator Imunisasi Covid-19 Dinas Kesehatan SBB R Mahudin.

Penyerahan vaksin-vaksin tersebut, disaksikan oleh Kapolres SBB AKBP Bayu Tarida Butar Butar beserta Pegawai Kesehatan di Lingkup Pemkab SBB. Mobil yang digunakan untuk mengangkut vaksin tersebut terlihat pintunya tersegel dengan rapi. Bahkan segelnyapun diberi nomor segel AV 45963 dan AV 45962.

Baca Juga: Danrem Silaturahmi Dengan Para Raja di Saparua

Kadis Kesehatan SBB Anis Tapang kepada wartawan menjelaskan, dengan diterimanya 2.360 vaksin yang diperuntukan bagi SBB, telah disimpan dengan baik pada ruang farmasi milik Dinkes.

“Vaksin-vaksin ini harus disimpan pada suhu cukup dingin dibawah mines 2-8 derajat celcius. Sementara tempat penyimpanan kita suhunya mencapai 20 derajat celcius,” jelas Tapang.

Pemkab SBB telah menjadwalkan proses vaksinasi tahap I akan berlangung pada Rabu (27/1), dimana untuk tahap ini yang akan divaksin yakni Bupati dan Wakil Bupati serta pimpinan OPD dan Forkopimda, ditambah dengan tenaga kesehatan yang sudah disipakan sebanyak 1.280 orang.

“Untuk tahap kedua yang akan jalani vaksinasi yakni anggota TNI dan Polri, tetapi akan dilihat dari jumlah vaksin yang diterima. Sedangkan untuk tahap ketiga vaksinasi dikhususkan untuk para pengusaha, namun itu kemungkinan juga akan terlaksana di tahun 2022, karena proses pengiriman vaksin butuh waktu panjang,” tutupnya. (S-48)