NAMROLE, Siwalimanews – 18 orang anggota pengawas pemilu kabupaten buru selatan tesmi dilantik berdasarkan SK Bawaslu Bursel Nomor: 06 Tahun 2022 tanggal 29 Oktober tentang Penetapan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Bursel.

Pelantikan 18 orang anggota Panwaslu berlangsung di gedung Serbaguna Pemda Bursel, Sabtu (29/10) oleh Ketua Bawaslu Bursel Umar Alkatiri.

Ketua Bawaslu Bursel, Umar Alkatiri kepada wartawan usai pelantikan mengatakan mereka yang dilantik akan melaksanakan tugas, wewenang dan kewajibannya di dalam pengawasan pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024.

“Kepada seluruh Panwaslu yang baru dilantik agar dapat menjalankan tugas dan kewenangan mengawasi­nya dengan profesional sebagai­mana diamanatkan dalam undang-undang,” ingatnya.

Lanjutnya, pasca dilantik, Pan­waslu kecamatan akan diberikan pembekalan orientasi tugas untuk menjadi bekal, selanjutkan akan di kirimkan ke tempat tugas masing-masing untuk melaksanakan tugas pengawasan terhadap tahapan pemilu yang sedang berlangsung. Sebab, saat ini masih dalam tahapan verifikasi keanggotaan partai politik dan akan dilanjutkan dengan pe­mutakhiran data pemilih.

Baca Juga: Kodam Pattimura Dukung Program Cinta Laut

“Sehingga dalam tahap ini peran Panwaslu yang baru dilantik dapat dimaksimalkan dalam mengawal semua tahapan Pemilu,” tandasnya

Sementara Wakil Bupati Bursel, Gerson Selsily menambahkan pe­nyelenggaraan Pemilu 2024 memiliki tantangan yang berbeda dibanding pemilu-pemilu sebelumnya.

“Diperlukan kualitas, integritas, dan kredibilitas seorang pengawas yang mumpuni serta selalu mening­katkan pe­ngetahuan dan keteram­pilan peng­awasan di semua ting­katkan sehingga bisa menjalankan tugas-tugas peng­awasan sebaik mungkin,” ujarnya.

Ia juga mengucapkan selamat kepada 18 anggota Panwaslu yang telah dilantik. Semoga tanggung jawab yang diberikan dapat dilak­sanakan dengan sebaik-baiknya.

“Selamat kepada bapak ibu yang baru dilantik,” tutupnya. (S-16)