SEBANYAK 148 tower Base Transceiver Station [BTS]  4G LTE yang dijatahi Bakti kepada Kabupaten Seram Bagian Timur mulai dibangun.

Hal tersebut ditandai dengan pemotongan pita dan peletakan batu pertama pembangunan tower BTS 4G LTE di Negeri Administratif Kampung Baru, Kecamatan Teluk Waru sebagai pilot project pada Senin 15 Agustus 2022.

Pelaksana Tugas [Plt] Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) SBT M. Syukur Kilwarany, Selasa (16/8) mengatakan, pembangunan tower tersebut merupakan tower pilot project Bakti dari 148 tower yang sudah dilakukan tahapan survei sejak 2021.

“Tower pilot project ini merupakan tower perdana mengawali keseluruhan pembangunan tower yang akan dilakukan pada tahun ini, yang direncanakan akhir 2022 sudah diaktifkan tower-tower tersebut,” ungkap Kilwarany.

Kilwarany menjelaskan, untuk 147 titik lainnya akan dilakukan pembangunannya setelah masih kedatangan dua perusahaan yang akan turun langsung melakukan Site Acquisition (Sitac) guna melengkapi dokumen-dokumen.

Baca Juga: Lomba Gerak Jalan Antar Pelajar Di SBT Warnai HUT RI ke-77

“Sehingga direncanakan pertengahan Agustus pun akan dilakukan pembangunan terhadap yang lainnya,” tandasnya.

Ia memastikan, dengan penambahan pembangunan 148 tower pada tahun ini, Kabupaten SBT tambah dia pada 2023 mendatang sudah terkoneksi jaringan telekomunikasi di semua wilayah.

“Kita pastikan bahwa 148 itu berarti SBT secara keseluruhan di 2023 itu sudah terkoneksi. Tidak ada lagi wilayah kita yang blank spot atau kesenjangan sosial di bidang telkomunikasi, semua sudah bisa terakses, semua desa masyarakatnya sudah bisa menikmati jaringan 4G LTE,” ujarnya. (S-08)