PIRU, Siwalimanews –   Sebanyak 12 siswa SMA dan SMK dan sederajat dinyatakan lolos dan terpilih sebagai pasukan pengibar bendara (Paskibra) tingkat Kabupaten Seram Bagian Barat untuk bertugas pada 17 Agustus mendatang.

12 siswa ini terpilih dari 20 siswa yang mengikuti seleksi beberapa hari yang lalu, berlangsung sejak 17-19 Juni 2021 yang diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga bekerja sama dengan TNI/Polri.

Kadispora SBB Tabrani Pellu kepada Siwalimanews di ruang kerjanya, Sabtu (26/6) menjelaskan, seleksi ini diikuti 20 pelajar yang berasal dari SMA,SMK dan MA se-Kabupaten SBB.

Mereka yang mengikuti seleksi dan dinyatakan lolos dan terpilih sebagai Paskibra Kabupaten sebanyak 12 orang yang terdiri dari 7 pria dan 5 wanita.

“Mereka yang terpilih ini telah memenuhi persyaratan meliputi, seleksi kesehatan, PBB, jasmani dan wawancara. 12 pelajar ini juga latihan dengan disiplin, sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan,” ungkapnya.

Baca Juga: Jaksa Marathon Periksa Sejumlah Saksi

Menurutnya, pada hari pertama hingga terakhir seleksi dengan pengkuruan tinggi dan berat badan, untuk putra tinggi minimal 172 cm dan maksimal 175 cm, sedangkan untuk putri tinggi minimal 165 cm dan maksimal 170 cm.

12 siswa yang dinyatakan lulus ini kemudian menjalani test tertulis, sedangkan untuk peserta yang dinyatakan gugur sebanyak 8 orang langsung dikembalikan ke sekolah masing-masing. Sebab untuk seleksi tahun 2021 ini hanya diambil 12 orang yang akan bertugas pada upacara 17 Agustus mendatang.

“Dalam situasi Covid-19 saat ini, seleksi paskibra lebih ketat dibandingkan tahun-tahun sebelum adanya pandemi ini, sehingga saat seleksi dan latihan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” ujarnya.

Kepada para siswa yang lolos seleksi ini Pellu minta agar, menjaga kesehatan, tanamkan kesetiakawanan diantara sesama teman, jaga moral dan jangan tinggalkan sholat maupun ibadah dan tingkatkan akhlak serta menjaga kebersihan dan kerapian. (S-48)