AMBON, Siwalimanews – Sebanyak dua belas ribu kepala keluarga (KK) terdampak Covid-19 di Kota Ambon, terima bantuan sosial (Bansos) tahap IX. Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Kota Ambon, Naldo Djelelep mengungkapkan, memasuki tahap sembilan pembagian bansos, pihaknya berupaya mempercepat prosesnya mengingat ini bukan kali pertama penyaluran bantuan tersebut.

“Kita sedang percepat distribusi bantuan kepada rabuan KK. Kemungkinan dalam pekan ini sudah selesai penyalurannya,” kata Naldo kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Senin (7/12).

Dikatakan, Dinas Sosial Kota Ambon sudah melakukan penyaluran bantuan sosial terhadap keluarga terdampak Covid-19, sejak April 2020 lalu, ketika awal covid mulai memasuki Kota Ambon.

“Penyaluran ini bukan baru sekarang, kita sudah berikan sejak April. Sesuai target, selesai penyaluran itu kan Desember. Nah, sekarang semua sementara berjalan,” ujarnya.

Naldo mengungkapkan, bantuan sosial tersebut berasal dari Anggaran Pendapatn Belanja Daerah (APBD), yang direcofusing khusus untuk penanganan Covid-19 di Kota Ambon.

Baca Juga: Pelabuhan dan Terminal Kembali Disterilkan

“Jadi, itu anggarannya dari APBD. Untuk data Keluarga yang berhak mendapatkan Bansos tersebut, kita dapatkan dari desa dan kelurahan, sebab data itu bukan  dikeluarkan oleh Dinsos,” jelasnya.

Ditambahkan, pemeberian bantuan sosial untuk keluarga terdampak Covid-19 di Kota Ambon, diyakini sangat tepat sasaran. “Kami yakin tidak akan meleset, sebab ini datanya diambil berdasarkan RT/RW. Jika ada data yang masih kurang Dinsos akan kembalikan ke RT maupun RW serta kelurahan setempat, agar bisa dilihat lagi, supaya Bansos bisa tepat sasaran,” pungkas Naldo. (Cr-6)