AMBON, Siwalimanews – Tercacat sebanyak 10.037 pelajar ber­usia 12 hingga 17 tahun di Kota Ambon telah menjalani program vak­sinasi oleh Dinas Kesehatan Kota Ambon.

Pelaksanaan vaksinasi ini dila­kukan di Tribun Lapangan Merdeka Kota Ambon di dua hari pertama, dan di hari berikutnya beralih lokasi di Pattimura Park dan di beberapa puskesmas lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy menjelaskan, dari anak berusia 12 hingga 17 tahun yang akan divaksin sebanyak 10,037 orang dengan presentasi 40,33 persen.

“Total keseluruhan masyarakat yang mengikuti program selebrasi vaksinasi massal sejak tanggal 27 Agustus hingga 2 September se­banyak 15.086, dan siswa ber­jumlah 10.037,” jelas Pelupessy ke­pada Siwalima melalui telepon selulernya, Kamis (2/9).

Menurutnya, Dinas Kesehatan masih perpanjang pelaksanaan vaksin hingga Sabtu, 4 September, karena antisias warga dan pelajar yang tinggi mengikuti vaksin.

Baca Juga: TPK Maluku Alami Penurunan

“Karena antusias warga dan pe­lajar tinggi untuk mengikuti vaksin  maka kita masih perpan­jang pe­laksanaan vaksin hingga Sabtu, 4 September. Jumlah anak juga tinggi. Ini mengambarkan beta be­sar kerinduan mereka untuk bisa belajar tatap muka,” katanya.

Pelupessy menghimbau agar siswa dan masyarakat lebih antu­sias untuk melakukan vaksinasi agar herd imunity Kota Ambon bisa tercapai.

“Saya himbau supaya masya­rakat dan siswa lebih antusias untuk vaksinasi, sehingga katong pung herd imunity Kota Ambon bisa tercapai,” himbaunya.

Pelupessy sebelumnya meng­ungkapkan, pekan selebrasi vaksinasi dilaksanakan pada tiga lokasi berbeda yakni Tribun Lapangan Merdeka, Pattimura Park serta Student Centre Universitas pattimura (Unpatti.

Lanjutnya, tiga jenis vaksin yang disediakan dalam pekan selebrasi vaksinasi yakni Moderna 12 ribu dosis, Aztrazeneca dan Sinovac, masing–masing 10 ribu dosis dengan sasaran vaksinasi kepada mereka yang sama sekali belum menerima vaksin atau belum menerima vaksin tahap kedua, Ibu hamil,  Pemuda 18-30 tahun, serta anak usia 12 – 17 tahun.

Untuk diketahui, pekan selebrasi vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu kegiatan HUT Kota Ambon yang dicanangkan oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy,

Walikota dalam arahannya pada kegiatan tersebut menjelaskan, kegiatan vaksinasi massal masih menjadi prioritas pemerintah pusat dan daerah dalam mempercepat terbentuknya Herd Immunity atau Kekebalan Kelompok

Ditambahkan, tingginya antu­siasme warga kota dalam meng­ikuti vaksinasi membawa optimis­me bahwa target 70 persen warga yang harus menerima vaksinasi dapat tercapai. (S-52)