NAMROLE, Siwalimanews – Sebanyak 1.400 dosis vaksin Covid yang dikirim Pemprov Maluku untuk Jatah Kabupaten Buru Selatan, tiba di Kota Namrole, Selasa (26/1).

Vaksin jatah Bursel ini tiba di Kota Namrole dengan mobil box milik PT Pos Indonesia dan mendapat pengawalan ketat personel Brimob Polda Maluku dan Wakapolres Buru, Kompol Bachrie Hehanussa.

Tiba di Namrole, vaksin tersebut langsung dibawa ke gudang farmasi, yang berada di depan Gudang Kai Wait Namrole, dan dilakukan penyerahan dari Kasie Kefarmasian Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Yoria Sangadji kepada Sekretaris Dinas Kesehatan Bursel, Nema Solissa.

Asisten III Setda Bursel, Hasim Tuarita yang turut hadir dalam proses penjemputan vaksin tersebut kepada wartawan menjelaskan, jumlah vaksin yang diterima Kabupaten Bursel sebanyak 1.400 dosis.

Baca Juga: KSBSI Audience Bersama DPRD Maluku

“1.400 dosis vaksin yang kita terima ini, sementara kita simpan di gedung obat milik Dinkes Bursel,” ujar Tuarita.

Untuk proses pelaksanaan vaksinasi, kata Tuarita, direncanakan pada, Sabtu (30/1), namun itupun masih menunggu arahan Bupati, sebab saat ini Bupati masih berada diluar daerah.

“Kita siap laksanakan vaksin, insya Allah hari Sabtu (30/01) Bupati tiba di Namrole, mungkin ada jadwal-jadwal yang disusun untuk selanjutnya,” terang Tuarita.

Sedangkan, Wakapolres Pulau Buru, Kompol Bachri Hehanussa kepada wartawan di tempat yang sama menjelaskan, vaksin tersebut sebelumnya dibawa dari Ambon ke Namlea menggunakan KMP Wayangan dan setelah menurunkan jatah Kabupaten Buru, barulah pihaknya mengantarkan vaksin jatah untuk Kabupaten Bursel.

“Dari perjalanan Ambon ke Buru hingga sampai di Bursel, vaksin tersebut dikawal ketat. Nnatinya pada gudang penyimpanan di Bursel ini juga akan dikawal ketat oleh personel TNI dan Polri yang ada di Namrole,” ucapnya.

Untuk proses vaksinasi kata Hehanussa, Kapolres Buru AKBP Egia Febry Kusumawiatmaja akan ikut divaksin bersama Bupati, sedangkan dirinya akan ikut divaksin di Kabupaten Bursel.

“Kita semua sudah sepakat untuk kami divaksin. Di Buru itu Pak Kapolres, sedangkan saya sebagai Wakapolres nanti di Bursel,” ucapnya. (S-35)