Sabtu, 17 Nopember 2018

Rabu, 16 Pebruari 2011
Pangdam XVI Pattimura Dimutasikan

Ambon - Dalam waktu dekat tongkat komando Pangdam XVI Pattimura bakal berpindah tangan dari Mayjen TNI Hatta Sy kepada Mayjen TNI Suharsono.

Informasi yang dihimpun Siwalima di Makodam XVI Pattimura, Senin (14/2), menyebutkan, Mayjen TNI Hatta Sy dimutasikan menjadi Koordinator Staf Ahli KSAD, sementara penggantinya Mayjen TNI Suharsono sebelumnya menjadi Gubernur Akademi Militer (Akmil).

Mutasi tersebut dilakukan berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/34/I/2011 tertanggal 25 Januari 2011 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Meskipun belum ada kepastian jadwal Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang bakal dilaksanakan di Ambon, namun tetapi sumber Siwalima di Makodam Pattimura mengaku upacara sertijab akan segera dilakukan dalam waktu dekat ini.

Hatta Sy telah memimpin Kodam XVI/Pattimura selama setahun terakhir ini. Jenderal bintang dua itu mulai bertugas di Maluku sejak 2 Februari 2010 menggantikan pendahulu Mayjen TNI Noer Muis.

Kapendam XVI/Pattimura, Letkol Arm Gigi Giovani yang dikonfirmasi enggan berkomentar. Ia mengaku belum mendapat informasi yang jelas tentang pemutasian maupun upacara sertijab Pangdam Pattimura.

Sebagaimana diketahui berdasarkan keputusan Panglima TNI tersebut, Markas Besar TNI melakukan mutasi sejumlah perwira tingginya. Mereka yang dimutasi terdiri dari 11 orang di jajaran Mabes TNI, tujuh orang di TNI Angkatan Darat, 15 orang di TNI Angkatan Laut, dua orang di Lemhannas RI, seorang di jajaran Universitas Pertahanan, dan satu orang di Sekretaris Pribadi Presiden RI.

Mutasi antar jabatan dalam pangkat yang sama, di antaranya Laksda TNI Soleman B. Ponto dari Aspam KSAL menjadi Kabais TNI, Mayjen TNI Hatta Syafrudin dari Pangdam XVI/Ptm menjadi Koorsahli KSAD, Mayjen TNI Suharsono dari Gubernur Akmil menjadi Pangdam XVI/Pattimura, Laksma TNI Agus Heryana dari Pati Mabes TNI AL menjadi Waaspam KSAL, Brigjen TNI Ridwan dari Dirlat Kodiklat TNI AD menjadi Dan Secapa AD, Brigjen TNI Suharno dari Pa Sahli Tk. II Bid. Intekmil Panglima TNI menjadi Kababek TNI, Brigjen TNI Abdul Rahim dari Dansatkomlek TNI menjadi Pa Sahli Tk. II Bid. Intekmil Panglima TNI,. Laksma TNI Arie Henrycus Sembiring M dari Kaskolinlamil menjadi Staf Khusus KSAL, Laksma TNI Aryatmaja dari Danguskamlabar menjadi Kaskolinlamil, Brigjen TNI (Mar) Triono Sulistyohadi dari Danlantamal XI/Mer menjadi Staf Khusus KSAL dan Laksma TNI Eko Djalmo Asmadi dari Kadismapal menjadi Staf Khusus KSAL.

Perwira yang dimutasi dan mendapat promosi jabatan di antaranya Laksma TNI I Putu Yuli Adnyana dari Waaspam KSAL menjadi Aspam KSAL, Brigjen TNI Bachtiar dari Dan Secapa AD menjadi Gubernur Akmil, Brigjen TNI Johanes Budi Rahardjo dari Kababek TNI menjadi Pa Sahli Tk. III Bid.

Banusia Panglima TNI, Kolonel Inf Mulyono dari Wadan Secapa AD menjadi Dirlat Kodiklat TNI AD, Kolonel Chb Rusmanto dari Paban IV/Sistek Skomlek TNI menjadi Dansatkomlek TNI, Kolonel Laut (P) Pranyoto dari Sahli A Wilnas Pangarmatim menjadi Dirlat Kodiklat TNI, Kolonel Laut (P) Desi Albert Mamahit dari Paban V/Straops Sopsal menjadi Danguskamlabar, Kolonel Mar Bambang Soemarjono dari Irkobangdikal menjadi Danlantamal XI/Merauke,9. Kolonel Laut (T) Teguh Prihantono dari Sekdispamal menjadi Kadispamal, Kolonel Laut (P) Sulaeman Bandjar Nahor dari Irarmabar menjadi Danguspurlatim, dan Kolonel Inf Agung Risdhianto dari Paban IV/ Siapsat Sopsad menjadi Sekretaris Pribadi Presiden RI.

Pati yang dimutasi dalam tangka memasuki masa pensiun, di antaranya Mayjen TNI Anshory Tadjudin dari Kabais TNI menjadi Pati Mabes TNI AD, Mayjen TNI (Mar) Sumantri Dipradja dari TA. Pengajar Bid. Geopol & Wasantara Lemhannas RI menjadi Pati Mabes TNI AL, Mayjen TNI Deddy Setia Budiman dari Pa Sahli Tk.III Bid Banusia Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD dan Laksma TNI Abdul Latif dari Kadiswatpersal menjadi Pati Mabes TNI AL. (S-32)


Berita Terkait :