Visi
  • Pahitnya Gula Kita

    Bangsa ini benar-benar merasakan manisnya gula hanya dalam tiga dekade. Itu terjadi pada kurun 1930-an hingga 1967 ketika Indonesia menjadi pengekspor gula terbesar kedua di dunia. Setelah itu, Indonesia berbalik menjadi pengimpor gula. Era manisnya gula pun berakhir, berganti menjadi pahit.


    baca selengkapnya..
  • Menutup Peluang Korupsi Dewan

    Salah seorang anggota DPR dari Komisi IV DPR dan Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhfid al-Busyairi, telah menyampaikan laporan gratifikasi senilai Rp 100 juta kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


    baca selengkapnya..
  • Pengadilan Tipikor Sangat Dibutuhkan

    Ada kerisauan melihat gerakan pemberantasan korupsi saat ini. Sudah banyak koruptor yang dipenjarakan, tetapi praktek korupsi bukannya berkurang. Justru sebaliknya, praktek korupsi cenderung menjadi-jadi, baik jumlah pelakunya maupun modusnya.


    baca selengkapnya..
  • Puasa

    Marhaban ya Ramadan, begitulah umat Islam selalu mengucap syukur atas datangnya bulan suci Ramadan. Ramadan memang selalu ditunggu umat Islam. Pada bulan yang penuh rahmat ini, umat Islam berupaya melakukan penguasaan diri, baik secara jasmani maupun rohani.

     


    baca selengkapnya..
  • Puasa dan Kepekaan Sosial

    Kita saat ini sementara menjalani bulan Ramadan 1430 H. Momentum puasa kali ini, sudah semestinya jika digunakan meningkatkan ibadah vertikal (kepada Allah SWT), dan ibadah horizontal (sesama makhluk hidup).


    baca selengkapnya..
  • Ramadhan dan Kebersamaan

    Umat Islam selalu memeriahkan bulan suci Ramadhan dengan penuh keceriaan dan kebahagiaan. Di masjid-masjid, umat Islam melaksanakan rangkaian ibadah sebagai rasa ketundukan kepada Allah SWT.


    baca selengkapnya..
  • Bersama Memerangi Teroris

    Tidak selayaknya polisi mengawasi dakwah selama bulan Ramadan. Upaya seperti itu sia-sia bila bertujuan mencegah terorisme, apalagi menangkap peneror. Namanya saja teroris, mereka tak bakal berkoar-koar atau mencari dukungan di tempat umum. Kendati berkedok ajaran agama Islam, teroris selalu beraksi secara terselubung.


    baca selengkapnya..
  • Konteks Kabinet Baru

    Menurut kesan kita, rakyat Indonesia dewasa ini menerima apa yang ditegaskan Presiden SBY dalam orasi akseptasinya sebagai presiden terpilih.


    baca selengkapnya..

Ambon