Visi
  • Brutalisme Teroris

    Serangan berbau teror dari sekawanan orang terhadap Mapolsek Hamparan Perak yang menewaskan tiga petugas polisi, jelas mengagetkan banyak pihak. Bagaimana tidak? Sehari sebelumnya, petugas Densus 88 menggulung 18 orang dari beberapa tempat yang berbeda di Sumatera Utara. Keberhasilan aparat polisi ternyata dibalas oleh serangan tersebut.


    baca selengkapnya..
  • Seharusnya Pemborosan Anggaran Dihindari

    Meski perekonomian kita semakin membaik, namun hampir bisa dipastikan bahwa belum ada yang berani mengatakan bahwa masyarakat sudah sejahtera. Masyarakat sudah makmur. Masih banyak fakta buram yang terpampang di hadapan kita dan itu sungguh melukai hati. Misalnya angka masyarakat miskin yang masih saja tinggi. Tingkat pengangguran belum bisa dikurangi dan bahkan cenderung bertambah banyak. Dan di sisi lain, ancaman PHK bagi mereka yang kini bekerja masih saja tetap tinggi.


    baca selengkapnya..
  • Reshuffle Kabinet, Memang Ada Urgensinya

    SALAH satu orang dekat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah memukul gong pertanda adanya reshuffle kabinet. Kalau masalah reshuffle kabinet sebelumnya hanya sekadar isu.


    baca selengkapnya..
  • Reshuffle Untuk Penguatan Kinerja

    Hari-hari ini hingga beberapa pekan ke depan, ruang publik akan dipenuhi isu seputar penunjukan dan pemilihan beberapa figur pejabat tinggi negara. Sudah ada kepastian bahwa tiga institusi penegak hukum akan mendapat pimpinan baru. Setelah menerima dua nama calon Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dari presiden, DPR dipastikan akan segera mengumumkan jadwal fit and proper test bagi calon Ketua KPK. Bersamaan dengan itu, kita masih menunggu siapa saja yang akan dipilih presiden untuk menjadi calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) dan calon Jaksa Agung. Nama-nama untuk dua jabatan itu sudah dimunculkan. Kita tunggu saja apakah nama-nama itu sejalan dengan figur pilihan presiden. Belum ada yang final karena nama calon Kapolri dan Jaksa Agung pun harus dibawa ke DPR.


    baca selengkapnya..
  • Pemimpin Daerah yang Peduli Lingkungan

    Tidak semua negara di dunia ini bisa seberuntung Indonesia. Dengan posisi geografis yang terletak di daerah khatulistiwa, alamnya subur dan kaya, menyebabkan Indonesia memiliki hutan yang sangat luas dengan keanekaragaman dan kekayaan ekosistemnya. Kekayaan alamnya sangat melimpah dari ujung barat sampai timur.


    baca selengkapnya..
  • Menerapkan Prinsip Transparansi

    KETERBUKAAN merupakan satu poin penting dalam pengelolaan negara. Dalam keterbukaan, ada rasa tanggung jawab dan kesediaan untuk dikoreksi. Tanggungjawab berarti memenuhi unsur antara hak dan kewajiban. Jika saat ini banyak terungkap kasus-kasus korupsi, baik itu korupsi lama maupun kasus baru, bisa menjadi gambaran bahwa transparansi belum menjadi sesuatu yang mentradisi dalam ranah pengelolaan keuangan negara.


    baca selengkapnya..
  • Pendidikan Bermoral di Sekolah

    Beberapa pekan terakhir, negeri ini dihebohkan oleh kasus video mesum yang melibatkan tiga artis papan atas di negeri ini. Pekan lalu, dua artis perempuan tersebut meminta maaf kepada masyarakat atas pemberitaan mengenai mereka. Secara tidak langsung keduanya mengakui bahwa video tersebut memang diperankan oleh mereka, sejalan dengan penetapan mereka sebagai tersangka.


    baca selengkapnya..
  • Menekan Angka Kemiskinan

    Kepala BPS, Rusma Heriawan, menyuguhkan satu fakta mencengangkan bagi kita. Oleh sang komandan Badan Pusat Statistik itu, dinyatakan bahwa target angka kemiskinan sebesar 11 persen di tahun 2010 ini, bakal sulit dicapai. Pernyataan yang tentunya didasarkan pada data yang valid; yakni laju penurunan angka kemiskinan selama Maret 2009-Maret 2010 hanya 0,82 persen.


    baca selengkapnya..

Ambon