Kesra ›› Wuryanto: Pembangunan di Maluku Belum Merata

Wuryanto: Pembangunan di Maluku Belum Merata


Ambon - Kepala Perwakilan BI Maluku, Wuryanto menjelaskan, tujuan BI Maluku kedepan yakni, menetapkan dan melaksanakan kebijakan moniter, mengatur dan  menjaga kelancaran sistem pembayaran, mengatur dan mengawasi bank manajemen Intern serta melakukan pengawasan makro prudensial dan  stabilitas sistem keuangan manajemen intern.

Menurutnya, kondisi geografis Maluku berupa kepulauan dengan luas daratan lebih kecil daripada luas lautan, serta interkonektifitas antar wilayah yang masih terbatas menyebabakan belummeratanya pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah kabupaten/ kota. “Selain itu sebagian besar bahan pangan diimpor dari luar provinsi dan beberapa komoditas pangan juga mengalami defisit,” kata Wuryanto dalam kegiatan Seminar Nasional yang berlangsung di Unpatti Ambon, Senin (24/3).

Dikatakan, kegiatan sektor perikanan dan sektor pertanian di Maluku juga berjalan tidak seimbang ditambah lagi dengan kegiatan pada sektor perikanan belum masif yang disebabkan karena kebergantungan pada faktor cuaca, serta minimnya SDM yang memenuhi kualifikasi kegiatan berskala industri.

Ditambahkan, untuk sektor perikanan di Maluku masih dapat dikembangkan secara masif dengan mendorong industri pengolahan untuk memperoleh added-value. SDA energi dan mineral yang dapat dieksplorasi secara optimal dan menarik investasi  di sektor energi dan mineral serta peningkatan kapasitas dan kualitas pariwisata bahari dan industri ekonomi kreatif. (Cr-1)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon