Pendidikan ›› Wisudakan 200 Lulusan, UKIM Bertekad Tingkatkan Akreditasi

Wisudakan 200 Lulusan, UKIM Bertekad Tingkatkan Akreditasi


Ambon - Hingga saat ini, Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) masih menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta di Wilayah Kopertis XII Maluku dan Maluku Utara yang memiliki akreditasi B dan menjadi perguruan tinggi swasta terbaik.

Mengacu pada hal tersebut, Rektor UKIM Cornelis Adolf Alyona berharap agar di tahun depan UKIM dapat me­ningkatkan akreditasinya dari B menjadi A, sesuai harapan dari pihak Kopertis Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara.

“Pengakuan pemerintah melalui BAN-PT itu sekaligus menantang UKIM agar terus meningkatkan kiner­ja dan kualitas lulusan dalam persai­ngan di pasar kerja,” tandas Rektor UKIM dalam sambutannya pada acara Wisuda Sarjana, Diploma dan Pasca Sarjana UKIM Periode I Tahun 2017 yang berlangsung di  Gedung Chris­tiani Center, Sabtu (29/4).

Menurutnya, dalam jangka bebe­rapa bulan ke depan, disamping beberapa hal yang mesti dikerjakan, akan dibentuk KPCR, agar pemilihan Rektor UKIM dapat berlangsung de­ngan baik dan tepat waktu.

Untuk itu dirinya mengajak selu­ruh civitas akademika UKIM agar tetap mesra dan tidak resah. “Sudah sepantasnya jika kita terus mendoakan UKIM agar tetap sehat dan mampu menebar pesona di negeri kepulauan ini,” pintanya.

Dari konteks pergulatan, ia meng­ajak seluruh civitas akademika UKIM dapat memahami dan meng­hayati tema wisuda tahun ini yakni ‘Mengembangkan Mutu UKIM di Negeri Kepulauan’.

Melalui tema terdapat titipan tiga hal penting, UKIM harus tetap the best among others, dimana tanta­ngan ke­depan, dari yang terbaik bu­kanlah yang terburuk dan terpuruk tetapi harus men­jadi unggul dan ber­mutu. Hal kedua UKIM harus tetap the best of me or us, dimana pena­taan dan pengelolaan terus diting­katkan, baik SDM maupun institusi.

“Satu kata kunci yang sangat menentukan di sini ialah penjaminan mutu UKIM, jika konsep ini dapat dijalankan dengan baik, tertanggung jawab mesti disertifikasikan, maka, saya yakin, UKIM akan berkembang lebih spektakuler lagi,” ujarnya.

Hal ketiga kata dia, adalah UKIM harus jadi the best for others, dimana UKIM lebih berusaha memaknakan kehadirannya di negeri kepulauan ini, agar menjadi yang terbaik bagi ge­reja, masyarakat, bangsa dan NKRI.

Sementara itu, Gubernur Maluku Said Assagaff dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Paulus Kaihatu, mene­gaskan, pemprov akan selalu mem­beri­kan dukungan bagi UKIM untuk tetap menjadi perguruan tinggi swasta yang terbaik di wilayah timur Indonesia.

“Kami mendukung perjuangan UKIM Ambon untuk raih akreditasi A, yang tinggal pembenahan beberapa kriteria saja,” pungkasnya.

Untuk diketahui Wisuda Sarjana, Diploma dan Pasca Srajsana periode I Tahun 2017 ini diwisudakan 200 lu­lusan, dimana 47 lulusan dari Fakul­tas Teologi yang terdiri atas 35 lulu­san S1 dari Prodi Ilmu Teologi, 1 lulu­san S1 dari Prodi PAK, dan 11 lulu­san S1 dari Prodi Teologi Kristen Pro­testan. Selain itu 43 lulusan Fa­kultas Teknik, 11 lulusan dari FSIP, 37 lulusan dari Fakon, 62 lulusan dari Fakultas Kesehatan. (S-43)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon