Daerah ›› Wawasan Kebangsaan Harus Dimaknai dalam Kehidupan

Wawasan Kebangsaan Harus Dimaknai dalam Kehidupan


Ambon - Wawasan Kebangsaan merupakan cara pandang suatu bangsa mengenai diri dan ideologinya, serta cita-citanya yang diorientasikan untuk memperkokoh dan menjaga persatuan bangsa dan ketahanan  bangsa.

Bangsa yang kuat, rukun bersatu, berdaya saing tinggi, sejahtera terjaganya sejarah kebangsaan Indonesia dan cinta NKRI harus dimaknai dalam kehidupan  sehari-hari.

Hal ini dikemukakan Asisten I Sekkot Ambon Angganoto Ura ketika membuka kegiatan penguatan karakter bangsa dalam rangka menjaga keutuhan NKRI yang diikuti oleh perwakilan TNI/Polri, KPU Kota Ambon, serta para RT/RW se-Kota Ambon. Kegiatan itu dipusatkan di Lantai II MCM mall, Jumat (21/4).

Menurutnya, wawasan kebangsaan tercetus dan diikrarkan pada sumpah pemuda pada 28 Oktober 1928 sebagai tekad perjuangan dan merupakan konvensi nasional.

“Jadi nilai-nilai kebangsaan seperti penghargaan terhadap harkat dan martabat sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Kuasa, tekad bersama untuk berkehidupan yang bebas, merdeka, cinta tanah air dan bangsa demokrasi serta kedaulatan rakyat, kesetiakawanan sosial dan masyarakat adil dan makmur harus benar-benar dirasakan semua orang,” ujarnya.

Sementara itu, kata dia, pemerintah sebagai pengerak roda pemerintahan juga mengamanatkan kepada seluruh bangsa agar menempatkan persatuan dan kesatuan diatas kepentingan pribadi dan golongan.

“Hidup saling menghormati dan menghargai, rasa kebersamaan serta tolong menolong, rasa kesatuan dan persatuan harus tetap kita pertahankan,” pintanya.

Untuk diketahui hadir pada kegiatan itu juga perwakilan dari TNI dan polri serta KPU kota ambon dan peserta yang hadir adalah warga kota ambon mulai dari RT.RW, mahasiswa dan pelajar serta para camat se-Kota Ambon. (S-39)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon