Visi ›› Warna Pelaksanaan MTQ

Warna Pelaksanaan MTQ


Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVII Tingkat Provinsi Maluku tahun 2017 saat ini sementara berlangsung di Namrole, Kabupaten Bursel.

Makna event dua tahunan yang diikuti kafilah dari 11 kabupaten dan kota tersebut, tentunya diharapkan harus bisa “mewarnai” pembangunan. Apalagi dalam perhelatannya diwarnai dengan kebersamaan warga Salam dan Sarani di Kabupaten Bursel.

Kegiatan MTQ jangan disikapi sebagai kegiatan rutinitas seremonial semata, tetapi harus menjadi momentum strategis untuk mewarnai pelaksanaan pembangunan dan perilaku kehidupan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

MTQ XXVII Tingkat Provinsi Maluku tahun 2017 saat ini sementara berlangsung, merupakan kesempatan untuk lebih menggali nilai-nilai yang tergandung dalam Alquran dan diterapkan dalam semua aspek kehidupan termasuk pembangunan.

Jika pelaksanaan pembangunan didasari dengan nilai-nilai Alquran maka tidak akan terjadi penyimpangan, dan kualitas akan sesuai dengan yang direncanakan.

Keluhuran nilai ajaran Alquran perlu terus digali dan dikembangkan melalui proses pendidikan baik formal maupun non-formal, termasuk diantaranya melalui MTQ.

Dengan sekian banyak cabang yang dilombakan dalam MTQ, akan menumbuhkan kecintaan dan semangat masyarakat dalam mempelajari, memahami dan mengamalkan kandungan Alquran sebagai petunjuk dan pedoman hidup bagi umat manusia.

Pelaksanaan MTQ tentunya tidak hanya dipahami dari sisi kegiatan syiar keagamaan saja, akan tetapi harus dimaknai lebih komprehensif terhadap nilai-nilai manfaat dan kemaslahatan yang menyertainya.

Tentunya selain untuk mewujudkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Alquran di kalangan masyarakat, MTQ Provinsi Maluku harus mampu mencari peserta terbaik pada seluruh cabang dan golongan, guna menjadi sebagai duta di tingkat nasional.

Kesuksesan gelaran MTQ merupakan modal untuk membangun Maluku yang lebih baik. Harapan kita semua adalah memberikan bekas positif yang dapat dirasakan secara nyata dalam semua tatanan kehidupan untuk pembangunan di Maluku kedepan.

Para kafilah yang berhasil meraih prestasi terbaiknya tentunya harus teruslah belajar yang gigih, sebab kedepan akan mengikuti MTQ tingkat nasional. Bagi kafilah yang belum meraih juara jangan berkecil hati, teruskan berlatih jangan patah semangat karena kesempatan masih banyak.

Mari bersama kita sukseskan pelaksanaan MTQ tingkat Provinai Maluku yang sementara berlangsung hingga 6 Mei mendatang. Kita jadikan event MTQ sebagai ladang kita untuk memanen kebaikan. (*)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon