Politik ›› Warga Banda Ngadu ke BAILEO Jelang Suksesi Maluku

Warga Banda Ngadu ke BAILEO


Warga Pulau Run  Ban­da, Kabupaten Maluku Tengah mengadu  ke pa­sangan calon gubernur dan wakil gu­bernur Ma­luku, Murad Ismail-Bar­nabas Orno, kalau se­la­ma ini me­reka tidak per­nah mendapat perhatian  dari Pemprov Maluku.

Mereka kecewa dengan janji-janji manis saat kam­­panye pilkada Malu­ku tahun 2013 lalu. Setelah terpilih, janji-janji tersebut dilupakan. Padahal saat itu, penduduk Pulau Run menyumpang suara yang cukup signifikan.

Keluhan dan keke­ce­waan warga ini disam­paikan saat pasangan BAILEO melakukan kun­jungan ke Banda pada Jumat (13/4).

Pasangan ini disambut dengan beragam keluhan yang disampaikan mas­ya­ra­kat. Salah satu kebutuhan paling vital adalah kesehatan.

Di sela-sela kampanye  itu mewakili masyarakat Run, Akbar yang berada ditengah-tengah kerumunan warga mengatakan, selama ini masyarakat tidak mendapatkan BPJS kesehatan dari pemerintah daerah. Tak hanya itu, puskesamas Pulau Run yang dibangun beberapa tahun lalu tidak memiliki tenaga medis.

“Biaya pengobatan di rumah sakit mahal, karena kami tidak mendapatkan BPJS kesehatan, ditambah lagi puskesmas kami tidak memiliki tenaga medis, jadi kami kesulitan pak,” ungkap Akbar.

Kondisi inilah yang membuat mahalnya biaya kesehatan dan tidak adanya tenaga medis di puskesmas Pulau Run, membuat masyarakat harus berobat secara tradisional dengan memanfaatkan kebaikan alam sekitar.

Menjawab keluhan warga itu, Murad Ismail menegaskan, kesehatan merupakan salah satu program prioritas pasangan BAILEO. Karena itu, pasangan ini menyiapkan kartu maluku sehat (KMS) gratis, sebagai solusi mengeluarkan masyarakat dari mahalnya biaya kesehatan.

“Memang seperti ini, hampir semua daerah yang saya kunjungi, keluhan masyarakat sama, yakni mahalnya biaya kesehatan, untuk itu kami programkan KSM sebgai solusi bagi masyarakat,” jelas Murad.

Murad mengingatkan masyarakat untuk tidak takut pada tekanan kekuasaan, namun  jika hal itu tetap terjadi dan ada yang berani mengancam masyarakat Run untuk berpihak pada kandidat tertentu, maka jangan segan-segan untuk memberikan laporan kepada tim BAILEO.

“Kalau ada yang coba-coba intimidasi, jangan segan-segan untuk beritahu pada tim BAILEO, biar kami laporkan pada pihak yang berwajib,” tandas  Murad.

Usai melakukan kampanye tatap muka bersama ratusan masyarakat, Murad melaksanakan shalat Jumat di masjid At-Taqwadi Run. (S-27)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon