Pemerintahan ›› Walikota beri Sinyal Segera Rombak Birokrasi

Walikota beri Sinyal Segera Rombak Birokrasi


Ambon - Walikota Ambon Richard Lou­henapessy kembali memberi sinyal untu merombak birokrasi pemkot.

“Semuanya akan tuntas di bulan Oktober karena pergantian yang akan dilakukan sesuai dengan aturan dan tidak atas dasar balas dendam,” jelas Walikota kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (19/9).

Dijelaskan kalau proses pelan­tikan pejabat akan dilakukan dalam waktu dekat karena proses assessment sudah dilalui oleh para pejabat. “Evaluasi akan dila­kukan menyeluruh baik eselon II maupun untuk eselon III yang memerlukan lelang jabatan,” jelasnya.

Ketika ditanya terkait dengan pergantian Sekretaris DPRD Kota Ambon dirinya mengaku belum ada rencana. “Kita memang be­lum berencana mengantikan Sekwan namun kalau memang perlu dipromosikan maka akan dilakukan,” ujarnya.

Dikatakan, sesuai dengan atur­an pergantian Sekwan harus men­dapatkan pertimbangan dari DPRD itu sendiri.

“Kalau digantikan maka kita akan berkoordinasi dengan DPRD seka­lipun yang berhak mengangkat dan memberhentikan Sekwan adalah walikota,” jelasnya.

Walau begitu, Walikota tak menjawab saat ditanya soal eks napi korupsi yang masih di­pertahankan sebagai peja­bat struktural.

Walikota hingga saat ini tetap mempertahankan eks napi korupsi, Jacky Talahatu dalam jabatan struktural se­bagai staf ahli. Talahatu di­ang­kat sebagai staf ahli wali­kota, sejak awal Agustus lalu. Mantan Kepala Inspektorat Kota Ambon itu dihukum satu tahun penjara dalam kasus korupsi proyek taman kota tahun 2012, yang merugikan negara Rp 161.406.921. Oleh ma­jelis hakim PN Ambon, Talahatu divonis sejak 19 April 2015 dan mulai menjalani masa tahanan di Lapas Ambon sejak 22 April 2015. (S-39)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon