Pemerintahan ›› Walau Semrawut, Wawali Izinkan Pedagang Berjualan di Terminal Mardika

Walau Semrawut, Wawali Izinkan Pedagang Berjualan di Terminal Mardika


Ambon - Kesemrautan di kawasan Terminal Mardika hingga kini belum juga bisa diatasi. Salah penyebabnya kesem­rautan tersebut adalah akti­vitas Pedagang Kaki Lima (PKL) hingga ke dalam areal terminal.

Kesemrautan itu dilihat langsung Wakil Walikota (Wawali) Ambon, MAS Latuconsina, saat meninjau kondisi Terminal Mardika, Jumat (13/1).

Kepada wartawan Wawali menga­ta­kan, kesemrautan Terminal Mar­dika akan menjadi perhatian Peme­rintah Kota (Pemkot) Ambin untuk ditata dan dikembalikan fungsi terminal sebagai tempat mengangkut dan menurunkan penumpang.

Saat meninjau terminal, Wawali melihat sendiri aktivitas PKL yang sudah menyerobot hingga areal terminal. Bahkan wawali juga mene­mukan toko dalam areal terminal yang menjual barang-barang pecah belah serta ada sejumlah pemilik toko yang dengan seenaknya memasang tenda untuk menjajakan barang-barang dagangan mereka hingga ke dalam areal terminal.

Wawali kemudian meminta Dinas Perhubungan dan Dinas Penda­patan dan Pengelolaan Aset Eko­nomi Pemkot untuk melakukan penertiban.

Sementara Wawali kepada warta­wan usai meninjau pasar Mardika, pasar Arumbae, pasar Apung dan Terminal Mardika, Wawali meng­ungkapkan, pemkot memberikan toleransi kepada PKL yang saat ini melakukan aktivitas di areal terminal Mardika untuk tetap melakukan aktivitas di terminal, namun diberi­kan lokasi selebar satu meter dari pagar terminal.

Ia menandaskan, izin lokasi selebar satu meter itu hanya untuk pedagang yang merupakan peda­gang kaki lima sementara untuk pe­dagang sayur dan bawang akan dialihkan di pasar apung yang saat ini dalam proses pekerjaan.

“PKL masih ada terminal, mestinya mereka tidak di situ, kita akan menempatkan PKL yang tercatat oleh pemkot dengan memberikan lokasi selebar satu meter di depan pagar. Kita berharap ini tidak parmanen karena antisipasi untuk sementara karena yang memung­kikan baru kita pindahkan ke tempat yang ada. kita berharap dengan adanya satu lokasi satu meter, aktivitas di terminal tidak tergang­gu,” ujarnya.

Wawali menambahkan, tahun ini semua fasilitas di terminal akan dibenahi, sehingga fungsi terminal sebagai tempat pengangkut dan menurunkan penumpang dapat berjalan dengan baik. (S-26)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon