Daerah ›› Wagub: IKAPTK Harus Setia Bekerja untuk Rakyat

Wagub: IKAPTK Harus Setia Bekerja untuk Rakyat


Langgur - Wakil Gubernur Maluku Said Assagaff mengharapkan Dewan Pengurus Kabupaten Ikatan Ke­luarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (DPK-IKAP­TK) Maluku Tenggara (Malra) untuk harus terus setia bekerja untuk rakyat.

“Kata kunci orientasi seorang pamong praja adalah setia. Oleh­nya itu, IKAPTK harus setia untuk terus bekerja untuk rakyat. Kesetiaan itu di­tandai dengan ke­pekaan dan kepe­dulian yang ting­gi terhadap kesu­litan-kesulitan masyarakat,” tandas Wagub se­la­ku Dewan Pem­bina IKAP­TK Provinsi Ma­lu­ku saat meng­hadiri Pelantikan dan Pengukuhan DPK-IKAPTK Malra periode 2013-2018 yang dipusatkan di Kimson Center, Ohoijang, Rabu (6/3) malam.

Dikatakan, kepekaan dan ke­pedulian yang tinggi terhadap kesulitan-kesuli­tan masyarakat terus harus dila­kukan oleh seorang pamong praja dengan cepat merespons masalah-masalah yang dihadapi masyarakat.

“Seorang pamong praja harus secara cepat merespons masalah-masalah yang dihadapi masyarakat dengan memberikan pelayanan yang terbaik,” katanya.

Wagub menjelaskan, tuntutan publik terhadap reformasi birokrasi saat ini terus bermuara pada dua masalah pokok yaitu tuntutan terhadap dampak pelayanan publik dan terciptanya pemeirntah yang baik dan bersih.

“Untuk memenuhi tuntutan publik tersebut maka dibutuhkan peran dan perhatian sebagai inti masyarakat madani (civil society) serta garda terdepan untuk praktek-praktek penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan masyarakat dan pemba­ngunan,” jelasnya.

Realitas ini, menurutnya, meng­isya­ratkan pamong praja memiliki kedudukan yang sangat strategis terutama dalam hal menopang prak­tek-praktek penyelenggaraan peme­rin­tahan baik dalam konteks penye­lenggaraan pemerintahan secara nasional maupun penyelengaraan pemerintahan dalam otonomi daerah.

“Saya berharap DPK-IKAPTK Malra dapat menjadi wadah termpat berhimpun alumni pendidikan tinggi kepamongprajaan di daerah ini. Kehadiran IKAPTK secara internal diharapkan dapat memperkuat semangat kekeluargaan dan jiwa korsa antar alumni sementara secara eksternal dapat mendorong tumbuh profesionalnya alumni dalam tugas sebagai abdi negara dan abdi mas­yarakat sehingga bisa memberikan kontribusi yang nyata bagi kema­juan dalam berbagai dimensi-dimensi pembangunan,” ungkap Wagub.

Khusus menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Maluku tahun 201, Wagub meng­harapkan anggota DPK-IKAPTK Malra dapat memberikan pembela­jaran politik yang baik dan santun kepada masyarakat.

Di tempat yang sama, Bupati Malra Andre Rentanubun mengata­kan salah satu tema besar yang saat ini mengemuka adalah desentra­lisasi dan reformasi birokrasi.

“Masyarakat terkadang masih me­ngeluhkan jajaran birokrasi. Masya­rakat sering mengidentikan birokrasi dengan lambat dan korupsi. Olehnya itu semua daerah kini berupaya memperbaiki kinerja birokrasi agar menjadi lebih baik,” katanya.

Rentanubun mengharapkan DPK-IKAPTK Malra juga dapat bersama-sama meningkatkan kerja aparatur pemerintahan. “Kinerja yang baik dapat mendorong masuknya investasi ke suatu daerah sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Peng­urus Provinsi (DPP) IKAPTK Pro­vinsi Maluku, M Saleh Thio men­jelaskan DPK-IKAPTK Malra merupakan DPK yang ketiga di Maluku. “Sebelumnya di tahun 2011, kita telah melantik DPK-IKAPTK Seram Bagian Timur (SBT) dan setahun kemudian DPK-IKAPTK Buru,” jelasnya.

Dikatakan, pelantikan dan pengu­kuhan DPK-IKAPTK Malra yang dihadiri oleh Dewan Pembina DPP-IKAPTK Maluku yang juga Wakil Gubernur Maluku Said Assagaff merupakan bentuk kepedulian dan integritas sebagai seorang pamong sejati dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan. “Kehadiran kepengu­rusan IKAPTK di suatu wilayah juga dapat mendorong semangat profesionalisme sebagai abdi praja,” katanya.

DPK-IKAPTK Malra yang dilantik oleh Ketua DPP-IKAPTK Maluku M Saleh Thio dan dikukuhkan oleh Bupati Malra Andre Rentanubun diketuai oleh Andi Savsavubun didampingi AH Ingratubun (Wakil Ketua I) dan M Retobjanan (Wakil Ketua II). Sementara Sekretariat dijabat oleh H Watratan dan Wakil Sekretariat Vegie J Marsaoly serta Bendahara Maria Kakiay. (S-12)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon