Kesra ›› Vlissingen akan Tambah Peralatan Klinik Mata Berhasil Layani Masyarakat

Vlissingen akan Tambah Peralatan Klinik Mata


Ambon - Pemerintah Kota Vlissingen-Belanda dan Pemkot Ambon telah melakukan sejumlah program kerjasama kota bersaudara. Satu diantaranya yang berhasil yaitu Klinik Mata Ambon Vlissingen (AV).

Keberadaan klinik mata yang mulai beropereasi sejak dua tahun lalu itu berhasil membantu warga Ambon dan juga kabupaten lainnya.

Wakil Walikota Vlissingen Albert Vader kepada wartawan usai melakukan meninjau klinik mata AV, Selasa (17/11) memberikan apresiasi klinik mata yang dibangun berjalan dengan baik.

“Pasien mendapat pelayanan dengan baik namun memang peralatan yang dimiliki memang perlu harus ditambah lagi untuk mendukung pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kota Ambon khususnya pasien mata,” ung­kapnya.

Dikatakan sarana dan prasarana di klinik mata ini memang sudah cukup baik namun harus ditambah lagi peralatan maupun tenaga dokter dan tenaga pendukung lainnya untuk membantu pelayanan kese­hatan.

“Operasi merupakan sebuah kebutuhan yang harus diberikan pemerintah dalam melayani mas­yarakat dan sarana pendukung yang sementara dibangun diharapkan segera diselesaikan agar pasien tidak perlu pulang ke rumah tetapi bisa juga menginap disini,” kata Albert.

Menurutnya dari hasil kunjungan di yang dilakukan baik itu di ruang operasi, ruang tunggu dan sejumlah ruangan untuk mendukung kegiatan di klinik mata sudah lumayan memadai.

“Perlu ada penambahan peralatan dan tenaga medis lagi kedepan agar pelayanan yang diberikan lebih maksimal lagi karena jumlah pasien mata yang ada  Kota Ambon cukup banyak,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Klinik Mata AV, Daniel Siegers menjelaskan pemerintah Vlissingen sudah me­nyepakati akan membantu menam­bah sarana dan prasarana yang ada di klinik mata ini.

“Mereka siap membantu karena dari hasil kunjungan yang dilakukan oleh Wakil Walikota Vlissingen ternyata juga puas karena klinik beroperasi dengan baik dan banyak sekali pasien yang minta untuk dilayani,” jelasnya.

Dikatakan saat beberapa fasilitas pendukung sementara dibangun termasuk diantaranya rumah dokter, sementara dari sisi peralatan masih dibutuhkan peralatan foto fundus yang fungsinya mengukur fungsi retina mata.

“Pemerintah Vlissingen sudah mengutarakan kesiapan mereka untuk membantu melengkapi sarana dan prasarana di klinik mata termasuk dengan Pemkot Ambon yang akan menggelontorkan ang­garan dari dana APBD tahun 2016,” katanya. (S-39)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon