Hukum ›› Tujuh Tahun Penjara untuk Pencabul Bocah 5 Tahun

Tujuh Tahun Penjara untuk Pencabul Bocah 5 Tahun


Ambon - Benoni Yohannes Tolle, warga Desa Ameth, Kecamatan Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengah divonis tujuh tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Ambon, Rabu (12/4). Ia terbukti mencabuli bocah berusia lima tahun.

Lelaki 42 tahun ini juga dihukum membayar denda Rp 50 juta subsider tiga bulan kurungan.

Menurut majelis hakim, ter­dakwa terbukti  melanggar pasal 82 ayat (1) UU Nomor 35 tahun 2014 Tentang perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak jo pasal 290 ayat (2) KUHP.

“Terdakwa secara sah dan meyakinkan terbukti melakukan tindak pidana pencabulan kepada anak di­ba­wah umur dengan cara melaku­kan pemaksaan dan kekerasan,” tandas hakim ketua S Pujiono.

Vonis yang dijatuhkan majelis hakim yang diketuai S Pujiono, didampingi hakim anggota Ham­zah Kailul dan Sofian Parerungan itu lebih rendah dari tuntutan  JPU yang sebelumnya menuntut terdak­wa dengan sembilan tahun penjara.

Terdakwa melalui penasehat hu­kumnya dari Posbakum PN Ambon maupun tim JPU Cabang Kejari Ambon di Saparua yang terdiri dari Leonard Tuankotta, Novi Ta­ti­pikalawan dan Inggrid Lou­henapessy menyatakan me­ne­­rima putusan majelis hakim itu.

Untuk diketahui, kasus pencabulan yang dilakukan oleh terdakwa terjadi pada Minggu, 2 Oktober 2016 lalu, di rumah terdakwa di Negeri Ameth sekitar pukul 19.30 WIT.

Saat itu, korban yang baru berusia lima tahun itu, baru tiba di rumah terdakwa untuk ber­temu dengan ponakan ter­dakwa yang adalah teman bermainnya.

Namun, karena terdakwa sudah dirasuki setan, terdakwa langsung menarik korban yang sementara berada di depan pintu rumahnya masuk ke dalam kamar.

Lantaran tidak ada orang di dalam rumahnya saat itu, lelaki 42 tahun ini pun langsung melampiaskan nafsu bejatnya dengan mencabuli korban hingga keluar darah dari kemaluan korban. Korbanpun jatuh pinsan. Namun, lelaki tamatan SD itu berhasil menyadarkan korban.   (S-16)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon