Pendidikan ›› Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Unpatti Launching Buku Ajar

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Unpatti Launching Buku Ajar


Ambon - Guna meningkatkan sumber daya ma­nusia (SDM) serta kualitas pendidi­kan, maka Universittas Pattimura (Un­patti) Ambon, melaunching buku teks dan buku ajar FKIP tahun 2018. Kegiatan ini dipusatkan di Study Center Unpatti Ambon, Senin (28/5) ini.

22 buku teks dan ajar FKIP Unpatti yang diterbitkan tahun 2017 ini, ditulis oleh para dosen FKIP Unpatti dari berbagai program studi seperti program studi Pendidikan Biologi, Matematika, Fisika, Kimiah, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Bahasa Jerman.

Ketua Panitia Prof. T.G Ratumanan dalam laporannya menjelaskan, dasar dilaksanakan kegiatan ini sesuai dengan Permen Riset Teknologi dan Dikti Nomor 044 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, ini ditindaklanjuti dengan SK Rektor Unpatti Nomor: 467/UN13/SK/2018 tentang Pengangkatan Pelaksana Kegiatan Launcing Buku Teks dan Buku Ajar FKIP tahun 2018.

“Tujuan dilaksanakan kegiatan ini agar bisa mendorong dan memfasilitasi dosen FKIP Unpatti dalam menulis dan menerbitkan buku ajar, selain itu mem­publikasikan karya akademik berupa buku ajar dosen FKIP, dan mendorong serta menciptakan terjadinya pening­katan kualitas perkuliahan di lingku­ngan FKIP,” jelas Rutumanan

Dikatakan, buku ajar memegang peranan penting dalam paradigma Student Centered Learning (SCL). Keterse­diaan buku ajar akan memungkinkan mahasiswa aktif menggali informasi secara mandiri dan juga memberikan akses pengetahuan.

Selama tiga tahun terakhir FKIP mem­fasilitasi para dosen untuk mener­bitkan buku tes dan buku ajar. Hal ini memberikan dampak terhadap pening­katan produktifitas menulis di kalangan dosen. Diharapkan kualitas pembelaja­ran di FKIP sesuai paradigma SCL berlangsung optimal.

Sementara itu, Dekan FKIP Theresia Laurens dalam sambutannya mengata­kan, kegiatan launcing buku teks dan buku ajar FKIP tahun 2018 ini meru­pakan salah satu program FKIP dalam rangka peningkatan kualitas SDM khususnya bagi para dosen dan peningkatan status akreditasi.

“Kami sudah lakukan ini dua tahun yang lalu. Kegiatan ini merupakan kegia­tan hibah pengembangan perang­kat yang dibiayai oleh Kementerian Riset dan Dikti,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya motivasi menulis pada dosen, kedepan  kualitas pembelajaran di FKIP dapat ditingkat­kan agar bisa bersaing dengan universitas lain di Indonesia.

Sementara itu, Rektor Unpatti M.J Sapteno dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut mengaku, kegiatan ini penting dilakukan karena dalam menghadapi era perkembangan jaman, para dosesn bukan hanya dituntut untuk mengajar saja, namun juga harus dibarengi dengan kemampuan menulis.

“Dalam bidang pendidikan, para dosen tentu bukan hanya diajarkan untuk membimbing saja, namun harus bisa menulis,” ungkapnya.

Hal tersebut kata Rektor, telah dibuk­tikan oleh FKIP sehingga patut diberikan apresiasi, untuk itu kegiatan seperti ini ha­rus terus dilakukan dan menjadi rutinitas serta ada penambahan jumlah penulis.

Maksimal tiap buku satu penulis, sehingga kualitas SDM di Unpatti lebih ditingkatkan lagi dari tahu ke tahun. Untuk itu buku-buku ini kiranya dapat dikembangkan agar dapat dibuat menjadi toko buku.

“Saya harap para mahasiswa juga dapat menulis baik di jurnal atau majalah-majalah dan koran, kenapa begitu, karena kedepan dalam proses pembelajaran mahasiswa juga dituntut untuk menulis,” tandasnya.

Pada kesempatan itu rektor meng­usulkan, agar kedepan nantinya, sebelum dilakukan kegiatan launching, terlebih dahulu dilakukan bedah buku, agar tidak terjadi masalah ketika sudah di launching.

“Sebelum lounching dibedah dulu satu per satu, agar bisa pelajari ke­salahan, karena kalau di lounching baru dibedah, nanti masih jadi perdebatan, untuk itu kedepan hal ini harus dirubah,” usulnya. (S-44)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon