Kesra ›› Tetelepta: Musrenbang akan Tingkatkan Kebutuhan Warga

Tetelepta: Musrenbang akan Tingkatkan Kebutuhan Warga


Ambon - Lurah Kudamati S. Tetelepta mengaku, Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan yang digelar pihaknya pada Senin (20/1) lalu bertujuan untuk meningkatkan kebutuhan warga diwilayah keluarahan tersebut.

Menurutnya, dalam perencanan pembangunan yang telah direncanakan pada pelaksanaan musrenbang tersebut yang dihadiri oleh oleh 43 RT dari 7 RW di keluarahan ini, sekaligus telah menentukan beberapa orang sebagai peserta yang akan membawa dan merumuskan hasil Musrenbang ini ditingkat Kecamatan, dan selanjutnya dibawah  ke tingkat  kota  dan provinsi. “Dalam Musrenbang tersebut,usulan dari para RT yang ada di kelurahan ini bervariasi, namun untuk kegiatan fisik atapun kegiatan pembangunan sarana prasarana lingkungan itu lebih  banyak  mengarah kepada  pemenuhan air bersih dan ini khusus untuk RT yang berada dibagian pegunungan atau perbukitan, karena memang  sangat  kesulitan air bersih,” ujar Tetelepta kepada Siwalima, melalui telepon selulernya, Sabtu (01/2).

Menurutnya, sarana fisik lain yang diusulkan itu berupa pembuatan selokan air yang berada di dua titik yakni, dikawasan Kudamati Lorong Coker, sebab saluran besar dikawasan itu sering mengalami kerusakan, dan yang turun dari arah Kudamati Farmasi melalui SDN 21, yang arahnya  sampai ke kali Wainitu yang nantinya dilihat untuk di perbaiki lagi.

Selain itu sepanjang  jalan  dikawasan kudamati juga akan dibuat trotoar, karena jalan ini adalah akses utama  yang  memang digunakan, teristimewa bagi anak-anak yang pulang maupun hendak ke sekolah sehingga jalan ini harus diperhatikan lagi untuk  diperbaiki, sehingga anak-anak ini bisa melakukan aktivitas mereka dengan aman. “Selain ada pula kegiatan pemberdayaan yang mana untuk lebih meningkatkan kebutuhan warga sekitar dengan bantuan dari pemerintah, misalnya pembentukan koperasi maupun dalam bentuk pemberdayaan lain, mungkin ada bantuan yang nantinya dilakukan oleh instansi terkait kepada warga di kelurahan ini,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Tetelepta juga meminta kepada masyarakat di Kelurahan Kudamati untuk tidak boleh semata-mata terpergantung dari bantuan pemerintah saja, namun bisa juga melakukan hal-hal yang dapat terjangkau, sehingga swadaya dari masyarakat harus ada, agar proses pembangunan di Kelurahan Kudamati tidak hanya terpergantung dari pemerintah saja, namun partisipasi masyarakat juga harus ada. (Cr-1)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon