Daerah ›› Terjadi Sedimentasi di Teluk Dalam

Terjadi Sedimentasi di Teluk Dalam


Ambon - Kondisi Teluk Ambon Bagian Dalam saat ini terus mengalami degradasi karena dipenuhi sedimen yang terbawa aliran air dari darat. Jalan keluarnya, pemerintah kota (pemkot) merencanakan akan bangun kanal.

Kepada wartawan di Balai Kota Ambon, kemarin, Walikota Ambon MJ Papilaja menjelaskan Teluk Ambon Bagian Dalam mulai dari Tanjung Martafons hingga ke arah Passo kondisi ekosistemnya sangat memprihatinkan.

"Terjadi sedimen di Teluk Ambon Bagian Dalam sehingga biota laut dan terumbu karang tidak berkembang. Untuk itu pemkot merencanakan membuat kanal yang menghubungkan Teluk Ambon Bagian Dalam dan Teluk Ambon Baguala," terangnya.

Kanal yang akan dibuat, lanjutnya akan multi fungsi karena selain sebagai sirkulasi air laut juga dapat berfungsi sebagai drainase di Kawasan Passo Kecamatan Baguala.

"Serta itu bangunan kanal akan menjadi icon wisata di kawasan tersebut," tukasnya.

Pihaknya sudah melakukan kajian. Rencana ini, tukasnya bakal dinilai sebagai ide gila. Tapi untuk menyelamatkan sesuatu yang besar memang membutuhkanm ide yang tak biasa.

"Pasti ada reaksi dari banyak orang yang menganggap ide pemkot tersebut merupakan ide gila, namun hal tersebut harus dilakukan guna menyelamatkan terumbu karang dan biota laut dan kawasan konservasi hutan bakau di kawasan Teluk Ambon Bagian Dalam," terang Papilaja.

Pembangunan kanal akan didesain sedemikian rupa yang tentunya mengedepankan pembangunan ramah lingkungan.

"Kanal ini juga harus ramah lingkungan karena tujuannya untuk memperbaiki lingkungan ekosistem di kawasan teluk itu," tandas Papilaja (S-26)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon