Hukum ›› Terdakwa Curanmor Dituntut 2,6 Tahun Bui

Terdakwa Curanmor Dituntut 2,6 Tahun Bui


Ambon - Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Ambon, Juneth W. Pattiasina menuntut terdakwa, Mario B. Muskita dengan pidana 2 tahun 6 bulan dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri Ambon, Kamis (11/7).

Pemuda 25 tahun ini terbukti, melakukan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor. Sebagimana diancam pidana dalam Pasal 363 KUHPidana tentang pencurian.

Sidang pembacaan tuntutan dipimpin majelis hakim yang diketuai, Esau Yerisitou didampingi Lucky Rombot Kalalo selaku hakim anggota. Sedangkan terdakwa didampingi penasehat hukumnya, Franky Tutupary.

JPU dalam pertimbangan menyebutkan, hal-hal yang memberatkan dan meringankan perbuatan terdakwa. Yang memberatkan, perbuatan terdakwa adalah melawan hukum dan akibat perbuatan terdakwa telah merugikan orang lain.

JPU menjelaskan, tindak pidana curanmor tersebut terjadi pada 15 Januari hingga 15 Februari 2019. Awalnya terdakwa ditangkap aparat Satreskrim Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease bersama dengan sejumlah rekannya.

Saat penangkapan tersebut, aparat Satreskrim Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease berhasil mengamankan kurang lebih 10 unit kendaraan roda dua.

Kasus ini terungkap ketika terdakwa bersama rekannya hendak membawa satu unit sepeda motor ke Pulau Seram melalui pelabuhan tradisional yang berada di Dusun Tahoku, Desa Hila, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, di pertengahan Januari 2019 lalu.

Merasa curiga dengan gerak-gerik pelaku serta motor yang dinaikan ke atas speedboat tujuan Pulau Seram. aparat Satreskrim Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease langsung mengamankan mereka.

Setelah mendengar pemba­caan tuntutan, majelis hakim menunda sidang hingga, Kamis (18/7) depan dengan agenda pembelaan. (S-49)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon