Daerah ›› Tahun Ini, Walikota Janji Hak Pengungsi Terealisir

Tahun Ini, Walikota Janji Hak Pengungsi Terealisir


Ambon - Walikota Ambon MJ Papilaja janji akan menuntaskan semua hak pengungsi yang bermukim dalam wilayah pemerintan kota (pemkot) Ambon tahun ini. Menurutnya sebagian besar pengungsi yang berjumlah 3.824 kepala keluarga kebanyakan tergolong keluarga miskin.

"Utang saya masih ada yakni penyelesaian masalah pengungsi. Mudah-mudahan tahun ini sisa pengungsi kota Ambon selesai karena kita sudah rapat koordinasi dengan (rakor) dengan Menteri Sosial dan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat ," ujarnya saat pertemuan dengan rombongan dari Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI dan 20 peserta Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) Program Regular Angkatan 43 Lemhanas RI di Lantai II Balai Kota Ambon, Rabu (5/8).

Diprediksi jika pengungsi Kota Ambon dituntaskan tahun ini, akan mampu menurunkan angka kemiskinan hingga dibawah 10 persen. Saat ini, pemkot telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 20 miliar lebih dari APBD Kota Ambon untuk menyelesaikan pengungsi kota Ambon.

Saat itu, Papilaja juga menjelaskan fokus pemerintahan yang dipimpinnya tahun 2009-2011 yakni meningkatkan kesejahteraan.

"Yakni pendapatan per kapita harus meningkat, usia harapan hidup harus meningkat, angka partispasi sekolah dan melek huruf meningkat," jelasnya.

Ini didasarkan visi pemkot Ambon yakni terbinanya persatuan manusia Ambon yang manis sebagai prasyarat membangun Kota Ambon dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang bermartabat secara berkelanjutan.

Aspek lain yang menjadi sasaran pemkot, kata Papilaja adalah penguatan kapasitas institusi pemerintahan. Ini penting karena terkait dengan upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik. Asumsinya kalau pelayanan publik baik maka kondisi investasi akan tercipta yang dampaknya lapangan kerja terbuka.

"Itu berarti pendapatan masyarakat akan meningkat, kesejahateraan pasti juga meningkat.

Jika tingkat kesejahteraan terus meningkat maka daya tahan masyarakat akan berjalan dengan baik sehingga daerah ini aman dibandingkan daerah lain," tukas Papilaja. (S-26)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon