Daerah ›› Tahun ini, Program Sejuta Rumah Diwujudkan

Tahun ini, Program Sejuta Rumah Diwujudkan


Ambon - Setelah ditunggu sekian lama, akhirnya program pemerintah pusat yakni sejuta rumah mulai diwujud­kan. Proyek yang ditangani Kemen­terian Pekerjaan Umum dan Peru­mahan Rakyat (Kemenpupera) ini telah di laounching bertepatan dengan peringatan Hari Buruh pada 1 Mei 2015 lalu dan di Kota Ambon pembangunannya akan dimulai di tahun ini.

Direktur Pembiayaan Kemenpu­pera, Samson Sibarani mengaku, seluruh PNS di lingkup pemerintah bisa mendapatkan rumah ini, karena pembangunanya diperuntukan bagi masyarakat termasuk di dalamnya para PNS.

“Pada program sejuta rumah ini, pemerintah juga sediakan rumah subsidi dengan harga dan cicilan yang sangat terjangkau. Rumah yang dibangun ini merupakan kategori rumah ýFasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) atau lebih sering disebut sebagai rumah subsidi,” ungkap Sibarani saat memberikan sosialiasi program tersebut yang berlangsung di MCM, Ambon, Senin (13/6).

Untuk itu, kata dia, sangat diha­rapkan semua PNS di lingkup Pem­kot Ambon dan masyarakat ber­peng­hasilan rendah (MBR), seperti nelayan dan sebagainya bisa ambil bagian untuk mendapatkan rumah dimaksud.

Selama ini, kebutuhan rumah layak huni yang belum bisa terpenuhi oleh pemerintah termasuk mengurangi angka kesenjangan antara kebutu­han dan ketersediaan tempat tinggal di Indonesia yang saat ini mencapai 13,5 juta rumah, sehingga program ini diluncurkan. “Jumlah keselu­ruhan unit rumah dalam program ini sebanyak 603.516 unit rumah untuk MBR dan 396.484 unit rumah lainnya untuk non MBR,” urainya.

Ditempat yang sama, Walikota Ambon Richard Louhenapessy me­ngaku, pembangunan satu juta ru­mah bagi penduduk Indonesia ini dimulai dari aparatur sipil negara dan  pemkot menyambut baik program ini. “Dulu orang lihat rumah sebagai tempat tidur, padahal di situ menjadi ruang sumber inspirasi untuk dapat ambil keputusan dan kebijakan,” ujarnya.

Untuk itu, kata walikota, para pegawai harus memanfaatkan ke­sem­patan ini, khususnya  bagi yang belum memiliki rumah.(S-39)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon