Kesra ›› Sucofindo: Belum ada Ekportir Ajukan Ijin Ekspor

Sucofindo: Belum ada Ekportir Ajukan Ijin Ekspor


Ambon - Pemprov Maluku, Sucofindo, Dewan rempah dan PT Pelindo IV Cabang Ambon harus menunggu kesiapan dari eksportir untuk melakukan kegiatan ekspor langsung. Padahal segala hal menyangkut dengan urusan ekspor telah siap.

Kepala Kantor Sucofindo Cabang Ambon Iskandar mengaku, walaupun segala hal menyangkut dengan proses ekspor telah disiapkan, namun sampai dengan saat ini belum ada yang mengajukan diri untuk mengurus ijin ekspor ke pihaknya.

“Hingga saat ini belum ada eksportir ke tempat kami untuk majukan ijin ekspor,” ungkap Iskandar saat dikonfirmasi Siwalima melalui telepon selulernya, Selasa (7/11).

Dijelaskan, Sucofindo sebagai perusahaan yang memberikan ijin ekspor kini telah siap untuk memberikan ijin kepada eksportir yang ingin mencoba melakukan ekspor langsung hasil-hasil komoditi mereka ke luar negeri.

Dibukanya kembali Kantor Sucinfindo di Ambon kata Iskandar, guna untuk memberikan ijin kepada eksportir yang ingin melakukan kegiatan ekspor, dengan begitu mereka tidak perlu melakukan ekspor ke pelabuhan lain seperti Surabaya maupun Jakarta.

“Intinya kami siap, kapan saja mereka ingin mengurus ijin, kami siap berikan pelayanan. Ekspor langsung ini juga sebenarnya para eksportir bisa dapat untung, karena mereka tidak lagi harus tunggu waktu yang lama dan melewati pelabuhan lain, selain itu juga eksportir dengan sendirinya bisa ketahui harga ekspor barang mereka,” ujarnya.

Menurutnya, bila ekspor langsung dapat dilaksanakan di Kota Ambon, maka otomatis hasil komoditi unggulan Maluku kualitasnya dapat tetap terjaga karena waktu ekspor pun dipersingkat.

Kenapa dikatakan dapat keuntungan, karena kualitas barang akan tetap terjaga disinilah terjadi penjualan yang akan memberikan keuntungan bagi eksportir.

“Makanya itu, kami dari berbagai instasi telah siap tinggal menunggu kesiapan dari eksportir kapan dan berapa banyak kontainer, maka siap dilakukan ekspor langsung,” cetusnya.

Sebelumnya diberitakan, ekspor langsung berbagai komoditi unggulan asal Maluku yang direncanakan PT Pelindo IV Cabang Ambon dilaksanakan pada bulan Agustus kemarin ternyata tertunda dengan jadwal kapal.

Kali ini walaupun pihak Pelindo telah menyiapkan seluruh fasilitas serta kesiapan untuk ekspor langsug itu dilaksanakan, namun kembali terkendala dengan belum ada respon atau eksien dari para pengusaha yang bergerak di bidang ekspor.

“Kita tetap targetkan tahun ini tetap dilaksanakan, tapi yang perlu ditanyakan apakah eskpotir siap untuk lakukan ekspor langsung. Sehingga rencana kita kemarin harus tunda sambil tunggu kepastian dari para ekspotir,” ungkap Pelaksana tugas sementara General Manager PT Pelindo IV Cabang Ambon, Teedy Indra Y kepada Siwalima di ruang kerjanya, Senin (30/10). (S-40)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon