Kriminal ›› Spesialis Pencuri Komputer Ditangkap

Spesialis Pencuri Komputer Ditangkap


Ambon - Seorang buruh pelabuhan Husen Lestaluhu (40) dan berdomisili di Tulehu yang selama ini menjadi target operasi (TO) polisi sebagai seorang spesialis pencuri komputer akhirnya tertangkap saat hendak beraksi di Kantor Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Ambon.

Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKBP Didik Agung Widjanarko kepada Siwalima lewat Short Message Service (SMS) yang dikirim Selasa (2/2) mengatakan pelaku ditangkap oleh Satpam Kantor LIPI dan masyarakat di sekitar Batu Koneng.

Peristiwa ini berawal saat pelaku bersama salah satu rekannya yang hingga kini masih menjadi buron polisi yaitu Salim Lestaluhu berkumpul di Desa Tulehu, Senin (1/2) sekitar pukul 22.00 Wit.

Kemudian mereka berdua pergi ke Desa Tial dengan menggunakan mobil Toyota Avanza berwarna hijau dengan nomor polisi DE 945 milik Farouk Basalama, menjemput salah satu rekannya yang lain yaitu Arif Tuarita.

Kemudian sekitar jam 24.00 Wit, mereka menuju ke kawasan Batu Koneng dan tiba jam 02.00 Wit.

Mereka kemudian memarkirkan mobil di tempat pencucian milik Pak Darno. Kemudian Husen Lestaluhu dan Arif Tuarita menuju ke Kantor LIPI untuk melaksanakan aksi mencuri komputer milik Kantor LIPI.

Sementara itu, salah satu tersangka lainnya yaitu Salim Lestaluhu menunggu di mobil.
Setiba di kantor LIPI, Arif Tuarita kemudian mencongkel jendela tempat komputer disimpan. Namun sayang aksi mereka keburu diketahui oleh satpam dan kemudian bersama masyarakat di sekitar LIPI melakukan pengejaran kepada dua tersangka.

Dalam pengejaran itu, Lestaluhu bisa tertangkap sementara Arif Tuarita bisa meloloskan diri.
Pelaku kemudian diserahkan ke pihak kepolisian untuk diproses lebih lanjut dan saat ini pelaku sementara ditahan polisi. (S-28)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon