Olahraga ›› SMPN 21 Juarai LPI Kota Ambon

SMPN 21 Juarai LPI Kota Ambon


Ambon - Tim SMPN 21 akhirnya berhasil menjuarai Liga Pendidikan Indonesia (LPI) SMP Tingkat Kota Ambon tahun 2011 setelah di final menang 4-0 atas SMPN 15.

Pada pertandingan final yang berlangsung di Lapangan Sepakbola Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX/Ambon, Sabtu (9/7), terlihat kedua tim sejak awal pertandingan bermain saling serang.

SMPN 21 beberapa kali memiliki peluang menciptakan gol melalui serangan-serang yang dilakukan La Alimudin (7), Ruslan (10) dan La Husni (11), namun barisan pertahanan SMPN 15.

Sebaliknya barisan pertahanan SMPN 21dikoordinir Ristal La Saeti (19) dan La Rudi (5) juga tidak mampu dilewati oleh penyerang-penyerang SMPN 15, Faisal (9), Clay Sopacua (10) dan Frisky Rompis (11), walaupun beberapa kali sudah berada di kotak pinalti SMPN 21.

Gol pertama bagi SMPN 21 baru tercipta di menit 25, melalui kerjasama La Alimudin (7) dan Ruslan (10). Walaupun barisan pertahanan SMPN 15 mencoba menutup pergerakan kedua penyerang SMPN 21 ini, namun umpan yang diberikan Ruslan ternyata berhasil dimanfaatkan oleh La Alimudin, yang langsung melanjutkannya dengan tendangan yang menjebol gawang SMPN 15 yang dijaga Oyang Maromon (1).

Unggul satu gol membuat para pemain SMPN 21 terus mengintesifkan penyerangan, sehingga satu menit kemudian La Alimudin kembali menjebol gawang gawang SMPN 15. Kedudukan 2-0 ini bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, para pemain SMPN 15 mencoba bangkit melakukan penyerangan namun lagi-lagi barisan pertahanan SMPN 21 dikoordinir Ristal La Saeti (19) dan La Rudi (5) tak terlalu tangguh untuk ditembusi. Semua serangan yang dilakukan para penyerang SMPN 15, ternyata begitu mudah dihalau oleh kedua pemain belakang SMPN 21.

SMPN 21 justru kembali menambah gol ketiga melalui Sandry (9) di menit 37. Gol tersebut berawal dari tendangan bebas (12) dari depan kotak pinalti. Bola tersebut berhasil dijangkau penjaga gawang SMPN 15 Oyang Maromon, namun kemudian terlepas dari genggamannya, sehingga dimanfaatkan oleh Sandry.

Di menit ke-59, pemain SMPN 21 La Alimudin kembali memperbesar keunggulan timnnya menjadi 4-0, Ia berhasil memanfaatkan umpan yang diberikan Ristal La Saeti. Ia bahkan mampu menggiring bola dari luar kotak pinalti melewati barisan pertahanan SMPN 15, sehingga dengan mudah mengecoh penjaga gawang SMPN SMPN 15 Oyang Maromon.

Keunggulan 4-0 tersebut bertahan hingga wasit Slamet meniup peluti tanda berakhirnya pertandingan 2 x 30 menit.

Selain meraih gelar juara pertama sekaligus berhak atas Piala Walikota Ambon, pemain SMPN 21 La Alimudin juga meraih trophy pencetak gol terbanyak. Selama pertandingan LPI SMP Tingkat Kota Ambon digelar La Alimudin berhasil mencetak 11 gol.

Gelar pemain terbaik LPI SMP Tingkat Kota Ambon diraih David Tarumaselij (SMPN 15), sedangkan team fair play diraih SMPN 21.

Untuk tingkat SMA/SMK, juara pertama diraih SMAN 2, juara kedua diraih SMAN 5, sedangkan team fair play diraih SMKN 7.

SMPN 21 dan SMAN 2 selanjutnya akan mewakili Kota Ambon mengikuti LPI Tingkat Provinsi Maluku yang akan berlangsung di Ambon 23-27 Juli.

Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, AG Latuheru saat menutup LPI Tingkat Kota Ambon mengharapkan tim SMPN 21 maupun SMAN 2 yang akan mewakili Kota Ambon mengikuti LPI Tingkat Provinsi Maluku untuk mempersiapkan tim semaksimal mungkin dalam waktu yang tersisa dua minggu ini.

“Tim harus dipersiapkan semaksimal mungkin, sehingga dapat meraih hasil yang terbaik di ajang LPI Tingkat Provinsi Maluku,” tandasnya.

Latuheru juga berharap pemain SMPN 21 La Alimudin yang menjadi pencetak gol terbanyak di LPI SMP Tingkat Kota Ambon dapat menjadi pencetak gol terbanyak di LPI SMP Tingkat Provinsi Maluku.

“Semua itu bisa tercapai jika para pemain yang akan mewakili Kota Ambon ke tingkat Provinsi Maluku dapat meningkatkan disiplin dalam berlatih,” ungkapnya. (S-12)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon