Daerah ›› SMPN 1 Masohi Sweeping HP Siswa

SMPN 1 Masohi Sweeping HP Siswa


Masohi - Penegakan disiplin siswa sejuah ini terus dilakukan oleh beberapa Sekolah Menegah Pertama di Malteng. tak hanya disiplin waktu dan belajar yang mendapat perhatian. Penggunaan Hanphone oleh siswa pun mendapat perhatian pihak sekolah, sebagaimana yang dilakukan SMPN 1 Masohi.

Para tenaga pengajar pada SMPN 1 Masohi ini melakukan sweeping penggunaan Handphone oleh siswa. Langkah ini termasuk salah satu terobosan sekolah untuk mendidik para siswanya, agar tidak mengunakan Handphone secara sembarang, terumata saat jam belajar sedang berproses

Dina salah satu murid SMPN 1 Masohi membenarkan, adanya proses sweeping yang dilakoni sekolah. Menurutnya langkah tersebut oleh dewan guru memang sering terjadi di sekolah. Waktunya pun tidak pernah di ketahui para siswa.

“Iya pak, memang sering ada sweeping handphone di sekolah. Banyak hp yang disita oleh pak guru. Saya pun pernah mengalaminya beberapa waktu lalu,” jelas salah satu murid kelas 7 di sekolah itu ketika di tanya wartawan, Selasa (22/8).

Dia mengaku, penyitaan yang dilakukan sekolah memang tidak mutlak. Sebab handphone akan dikembalikan setelah orang tua menghadap guru kelas atau kepala sekolah.

“Memang tidak ditahan terus oleh pak guru. Nanti orang tua di panggil dan kemudian di kembalikan lagi,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Masohi, L Leuwol mengakui, langkah sweeping HP  dilakukan untuk membangun disiplin siswa agar tidak menggunakan Hp di saat jam belajar di kelas.

“Memang kita sedang melakukan langkah sweeping. Ini tidaklah berlebihan, sebab melalui kegiatan itu kita dapat mendidik anak untuk disiplin menggunakan handphone artinya, agar alat komunikasi itu tidak digunakan saat mereka belajar,” tandas Leuwol.

Kesalahan menggunakan Handphone oleh anak, lanjutnya, akan berakibat fatal. Banyak informasi akan diperoleh lewat media komunikasi tersebut, baik negatif maupun positif. Sehingga penggunaan alat ini harus dalam kontrol guru lebih lebih orang tua.

Ia meminta orang tua mengontrol anaknya, agar tidak menggunakan handphone secara sembarang. Sebab jika langkah ini tidak dikontrol akan sangat berdampak negatif bagi siswa, apalagi saat proses belajar mengajar sedang berjalan. (S-36)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon