Pendidikan ›› SMA Siwalima Juara Umum Olimpiade Sains FMIPA

SMA Siwalima Juara Umum Olimpiade Sains FMIPA


Ambon - SMA Siwalima Ambon berhasil meraih juara umum olimpiade sains tahun 2018 yang digelar Fakultas MI­PA Unpatti, pada 8-10 Ma­ret lalu.

Sedangkan untuk tin­gkat SMP diraih oleh SMP Kristen Kalam Kudus, dan untuk tingkat SD digondol SD Xa­verius C Ambon

Atas pencapaian ketiga sekolah tersebut, mereka berhak membawa pulang medali emas, perak dan perunggu disertai dengan sertifikat dan piala bergilir Gubernur Maluku.

Penyerahan piala bagi pemenang dipusatkan di SMA Siwalima Ambon, Jumat (27/4)

Untuk tingkat SMA diserahkan Plt Gubernur Maluku Zeth Sahuburua, tingkat SMP diserahkan oleh Ketua Lem­baga Pengembangan Pendidi­kan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unpatti, J Pagaya mewakili rektor.

Sedangkan untuk tingkat SD diserahkan oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, M. Saleh Thio.

Ketua panitia lomba olimpiade sains tahun 2018 Fakultas MIPA Unpatti, Diana Patty dalam lapo­rannya menjelaskan, juara umum tingkat SMA dan SMP tahun ini, merupakan juara juga tahun lalu. Apabila ditahun depan juara umum diraih lagi, maka piala gubernur akan menjadi piala tetap.

Olimpiade Sains Fakultas MIPA Unpatti tahun 2018 diikuti oleh 1232 peserta dari lima kabupeten/kota, dengan rincian untuk tingkat SD bidang IPA dan Matematika  seba­nyak 634 siswa, tingkat SMP bidang Matematika, Fisika, dan Biologi sebanyak 245 siswa dan untuk tingkat SMA untuk bidang Mate­matika, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Geografi, Komputer, Kebumian dan Statistika sebanyak 353 peserta.

Sementara Ketua LP3M Unpatti, J Pagaya dalam sambutannya mengatakan, kegiatan olimpiade ini harus menjadi tradisi di setiap lem­baga pendidikan yang bertujuan un­tuk memupuk dan meningkatkan ke­mampuan sains terutama bagi para siswa siswi dari tingkat SD-SMA.

“Kita akan upayakan agar kegiatan ini menjadi kegiatan tetap di Unpatti, karena kamampuan sains ini menjadi sangat penting sekali, karena per­kembangan dunia teknologi begitu cepat, dimana pada generasi yang lalu itu perkembangan teknologi me­makan waktu tahun namun generasi ini perkembangan sains dan tek­nologi sangat cepat bahkan per menit, karena setiap saat ada pene­muan-penemuan baru dalam bidang sains dan teknologi,” katanya.

Pagalaya katakan, dengan arus perkembangan zaman, maka mau tidak mau, semua orang harus mem­persiapkan diri sedini mungkin untuk menghadapinya, dan salah satu solusi untuk menjawab itu adalah dengan mengadakan olimpiade ini.

“Pembinaan dari guru-guru harus terus ditingkatkan, dengan menyi­ap­kan  SDM yang baik untuk selalu bersaing dengan iklim persaingan yang sehat, sehingga diharapkan ge­nerasi kita dapat menjawab tanta­ngan masa depan, dan bisa bersaing dengan wilayah-wilayah lain di indonesia bahkan dunia inter­nasional,” tandasnya.

Ia mengharapkan generasi-gene­rasi Maluku kedepan dapat menjadi ge­nerasi yang unggul dalam semua bi­dang, dan Unpatti telah melakukan te­ro­bosan untuk memperkenal­kannya.

“Kita harus terus membangun generasi kita untuk menjadi yang unggul, jagan putus asa kalau pada saat ini ada yang belum menda­patkan hadiah, paling tidak para siswa sudah diberikan pengalaman bagimana menghadapi olimpiade sains,” kata Pagaya

Sementara Plt Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua saat dialog interaktif bersama para siswa mengatakan, Pemprov Maluku sangat menaruh perhatian bagi bidang pendidikan. Untuk itu berbagai terobosan terus dilakukan seperti menyekolahkan anak-anak Maluku ke luar daerah seperti di Universitas Padjajaran, Universitas Indonesia dan berbagai universitas lainnya.

“Semua ini dilakukan agar SDM kita di Maluku dapat lebih baik, apalagi dengan hadirnya Blok Masela, sehi­ngga kesiapan SDM perlu dilakukan sedini mungkin,” kata Sahuburua.

Sahuburua mengatakan, persia­pan generasi bagi pembangunan Maluku kedepan terus diperjuang­kan, dimana 20 persen APBD dialo­kasikan untuk pendidikan. “Semua ini dilakukan agar generasi kita lebih baik kedepan, dalam menghadapi era globalisasi,” katanya. (S-44)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon