Politik ›› SETIA Diminta Libatkan Tenaga Ahli Unpatti Kembangkan Potensi Daerah

SETIA Diminta Libatkan Tenaga Ahli Unpatti


Ambon - Universitas Pattimura (Unpatti) memilikisejumlah tenaga-tenaga ahli dibidang perikanan, kelautan, pertanian dan peternakan, namun selama ini dalam proses pengembangan wilayah jarang dilibatkan oleh pemerintah daerah.

Pemerintah justru terkesan mengabaikan potensi anak daerah dan lebih memanfaatkan potensi universitas lain diluar Maluku untuk melakukan kajian terhadap potensi tersebut.

Olehnya itu, pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Terpilih Said Assagaff-Zeth Sahuburua (SETIA) kedepan harus melibatkan tenaga ahli dari Unpatti dalam pengembangan wilayah, karena merekalah yang lebih memahami kondisi didaerah seribu pulau ini.

Hal ini diungkapkan oleh Akademisi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unpatti, Safrudyn Layn kepada Siwalima melalui telepon selulernya di Ambon, Selasa (11/2).

Dikatakan, proses pembangunan di Maluku kedepan maka tenaga-tenaga ahli di Unpatti itu harus diberdayakan.

“Selama ini pemda hanya menggunakan tenaga-tenaga ahli dari luar Maluku, tetapi sekiranya harus dilihat para ahli yang ada di Unpatti juga, karena dengan begitu pemprov juga turut membangun Unpatti,” katanya.

Menurutnya, banyak tenaga ahli di Unpatti yang berkualitas sehingga dapat memberikan masukan bagi pengembangan Maluku ini kedepan.

“Selama ini terjadi anak daerah selalu dikesampingkan sementara daerah lain berada didepan bersama pemprov.

“Ini yang mestinya dirubah oleh pemimpin Maluku lima tahun kedepan dengan memprioritaskan anak daerah. Unpatti punya ahli dibidang tersebut sangat banyak yang akan memberikan kontribusi pikir bagi pengembangan daerah ini,” ungkapnya. (S-37)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon