Hukum ›› Serobot Tanah Orang, Umasugi Dipolisikan

Serobot Tanah Orang, Umasugi Dipolisikan


Ambon - Juanda Umasugi harus berurusan dengan kepolisian, lantaran dilaporkan telah menyerobot tanah milik orang lain. Berdasarkan jurnal gangguan Kamtibmas Polda Maluku yang dihimpun Siwalima, Senin (1/8) menyebutkan, Umasugi dilaporkan ke polisi lantaran menyerobot tanah milik Agustiani Zebua pada Sabtu (30/7).

Peristiwa menyerobotan lahan itu berawal dari korban Zebua melakukan transaksi jual beli atas sebidang tanah seluas 500 Meter persegi yang terletak di Jalan Kesatriaan Kelurahan Amantelu Kecamatan Sirimau Kota Ambon dengan Ny. Selviana Herman Patty Duma selaku pemilik lahan.

Setelah transaksi dilakukan sekitar 15 April 2011 dihadapan notaris/Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT), Rosdiana Ely, bertempat di gedung Ashari Lantai II Kompleks Mesjid Al-Fatah Ambon, korban melakukan pengurusan balik nama sertifikat kepemilikan atas tanah tersebut.

Sebelumnya, perantara memberitahukan bahwa Umasugi telah mendirikan rumah di atas lokasi tanah tersebut. Setelah tiga bulan sejak membeli tanah itu, Umasugi dan keluarganya tidak meninggalkan lokasi tanah yang kini telah menjadi milik Zebua.

Meskipun Zebua sudah melakukan pendekatan secara kekeluargaan, namun Umasugi tidak peduli. Ia bahkan bersama keluarga masih tetap tinggal di lahan tersebut. Karena merasa tidak diperdulikan oleh Umasugi, Zebua akhirnya melayangkan laporan kepada pihak kepolisian untuk diproses secara hukum. (S-32)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon