Pendidikan ›› Senin, 23.674 Siswa SMA se-Maluku Ikut UN

Senin, 23.674 Siswa SMA se-Maluku Ikut UN


Ambon - Dipastikan, Senin (10/4), 23.674 siswa SMA se-Maluku mengikuti Ujian Nasional (UN) baik yang berbasis komputer maupun menggunakan kertas.

Ketua Panitia Ujian Nasional Maluku yang juga Kepala Bidang Sekolah Menengah Nus Kesaulija merincikan 23.674 siswa tersebut terdiri dari 19.683 siswa dari 289 SMA/MA yang mengikuti ujian kertas, sementara untuk UNBK sebanyak 3.991 siswa dari 24 SMA/MA.

“Nanti ada 23.674 siswa SMA yang ikut Ujian Nasional. Sebanyak 3.991 siswa diantaranya  ikut UNBK, sementara 19.683 siswa menggunakan ujian kertas,” kata Kesaulija kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Jumat (7/4).

Menurutnya, dari seluruh kabupaten di Maluku, masih ada beberapa kabupaten yang belum memberlakukan ujian berbasis komputer, antara lain Kabupaten Buru, Seram Bagian Timur, Buru Selatan dan Maluku Barat Daya.

“Masih ada kabupaten yang belum menyelenggara­kan UNBK di sekolah mereka karena masih terbatasnya komputer. Kita berharap kede­pannya seluruh sekolah di semua kabupaten bisa ikut ujian berbasis komputer,” ungkapnya.

Kota Ambon sendiri menu­rutnya, merupakan daerah jumlah siswa terbanyak yang mengikuti UNBK. Dari 39 SMA/MA di Kota Ambon sebanyak 9 SMA/MA meng­gu­nakan sistem UNBK se­men­tara 30 SMA/MA masih menggunakan kertas.

Terkait dengan distribusi soal, menurutnya semua se­ko­lah telah menerima distri­busi soal. “Sudah di distri­busikan semua,” ujarnya.

Pelaksanaan UN untuk SMA akan berlangsung dari Senin (10/4) – Rabu (12/4). Se­mentara itu, pelaksanaan Ujian Nasional pada tingkat SMK kemarin telah berlangsung dengan aman dan tertib.

“Kemarin UNBK maupun UN berbasis kertas untuk jenjang SMK di Maluku berlangsung aman dan tertib, tidak ada masalah,” jelasnya.

Ia menambahkan sejak 3-6 April lalu, sebanyak 5.448 Siswa dari 103 SMK se-Maluku telah mengikuti Ujian Nasional baik UNBK maupun berbasis kertas. (S-43)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon