Pemerintahan ›› Sekot : Pengangkatan Talahatu Kabag Keuangan Sesuai Aturan

Sekot : Pengangkatan Talahatu Kabag Keuangan Sesuai Aturan


Ambon - Kepada Pansus ASN DPRD Kota Ambon, Sekot, AG Latuheru mengaku pengangkatan eks napi, Jacky Talahatu selaku Kabag Keuangan Pemkot Ambon sudah sesuai dengan asas kepantasan dan kepatutan.

Pengakuan ini disampaikan dihadapan Pansus ASN saat yang bersangkutan memenuhi panggilan Kamis (15/2). Sebelumnya, dua kali Latuheru tidak memenuhi pemanggilan Pansus dengan alasan sibuk.

Setelah memenuhi pemanggilan Pansus, Sekot akhirnya angkat bicara meski melalui perdebatan yang alot. Ketua Pansus ASN, Tomwin Tamaela kepada wartawan mengatakan, meski Sekot mengaku pengangkatan eks napi menduduki jabatan kabag keuangan  sudah sesuai aturan, tapi Pansus ASN tetap akan mengkonsultasikan hal itu dengan Pemprov Maluku dan pemerintah pusat dalam hal ini Kemendagri.

“Jadi Sekot mengatakan  pengangkatan Talahatu itu sudah memenuhi asas kepantasan dan kepatutan. Nah, ini tentunya menjadi masukan bagi Pansus  untuk mengkonfrontir dan mengklarifikasi ke Kemendagri dan Komisi ASN. Ini Pansus lakukan supaya masalah di lingkup pemkot itu terang benderang dan tidak bias,” jelas Tamaela.

Menurutnya, masalah aturan terkait pengangkatan eks napi sebagai pejabat publik perlu satu pandangan bersama dengan pemkot. “Kita perlu satu pandangan dengan pemkot dalam rangka mensukseskan visi dan misi walikota dan wakil walikota. Kita tidak bermaksud untuk menje­lekkan, namun kita perlu saling memperbaiki dan mengingatkan. Tugas kita sebagai lembaga pengawasan kita juga perlu meng­-ingatkan pemkot bahwa ada atu­-ran-aturan yang perlu mendapat perhatian,” kata Tamaela.

Rapat antara Sekot dengan Pansus ASN tidak hanya membi­carakan pengangkatan eks napi menduduki jabatan kabag ke­uangan, tapi juga membahas soal non job 47 ASN yang dilakukan pada 29 Desember 2017 lalu.

“Jadi nanti akan diklarifikasi oleh Sekot setelah selesai jabatan selesai,” ujarnya.

Untuk diketahui, DPRD Kota Ambon resmi mengadukan langkah Walikota Ambon Richard Louhenapessy yang mengangkat eks napi korupsi ke Kemendagri dan Komisi ASN.

Hal itu dilaporkan pimpinan DPRD Kota Ambon dan pimpinan fraksi kepada Kemendagri dan KASN saat pertemuan yang berlangsung di ruang rapat Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri, Selasa (9/1).

Jacky tersandung kasus korupsi proyek taman kota tahun 2012, yang merugikan negara Rp 161.406.921 sehingga harus mendekam di penjara selama setahun itu, dilantik bersama puluhan pejabat lainnya oleh Walikota di Pantai Hukurila, Ambon, Jumat (29/12) lalu. (S-44)



comments powered by Disqus

Berita Terkait


Ambon